MUHAMAD YOS ALKINDY, NIM. 152015060 (2019) ANALISIS SISTEM PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI UNTUK MENGURANGI ANTRIAN PEMESANAN BANNER (Studi Kasus CV. P ercetakan Aulia). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
152015060_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (488kB) | Preview |
|
Text
152015060_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Abstrak__Dalam perusahaan jasa percetakan sering terjadi kemacetan pada antrian pemesanan banner karena banyak permintaan pelanggan dan caleg. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kondisi dari sistem pelayanan CV. PERCETAKAN AULIA, supaya lebih optimal dalam memberikan pelayanannya. Penelitian sistem pelayanan dilakukan dengan pendekatan simulasi menggunakan software Pro Model. Dari hasil penelitian dapat bahwa masih terdapat location yang antriannya masih sangat tinggi sehingga waktu tunggu entitas untuk dilayani pada location tersebut tinggi, yaitu pada meja operator untuk pelanggan dan kinerja mesin Digital Printing untuk produksi banner. Sehingga perbaikan sistem pelayanan bisa dilakukan pada dua location dengan penambahan pada tempat operator, ruang tunggu, tempat editor, dan mesin Digital Printing akan mengurangi kemacetan pada antrian pelayanan CV. Percetakan Aulia. Pengoptimalan sistem pelayanan agar mengurangi antrian pelanggan pemesanan banner pada CV. PERCETAKAN AULIA dengan cara menambah kapasitasnya menjadi 2 unit tempat operator juga 2 perkerja dengan kapasitas 2 pelanggan, 4 unit tempat editor juga 4 perkerja dengan kapasitas 4 pelanggan, 2 unit ruang tunggu berkapasitas 4 pelanggan, dan 2 unit mesin digital printing juga 2 perkerja dengan kapasitas 2 pelanggan. Hasil simulasi software Pro Model CV. PERCETAKAN AULIA yang telah dioptimalkan memiliki full pada ruang tunggu sebesar 32,74%, kemudian tempat operator memiliki tingkat operation sebesar 61,90% dan blocked sebesar 25,00%, selanjutnya tempat editor memiliki tingkat operation sebesar 16,67%, dan blocked sebesar 42,56%, dan terakhir mesin digital printing memiliki tingkat operation sebesar 19,05%, dan blocked sebesar 46,43%. Kata Kunci : Sistem Pelayanan, Antrian, dan Pro Model vii
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Rurry Patradhiani, S.T., M.T. 2. : Nidya Wisudawati, S.T., M.T., M.Eng |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Pelayanan, Antrian, dan Pro Model |
Subjects: | Industri > Pabrik-pabrik (Manufactures) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Teknik |
Date Deposited: | 14 Sep 2019 06:52 |
Last Modified: | 14 Sep 2019 06:52 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5079 |
Actions (login required)
View Item |