PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KAMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU ISHLAHUL UMMAH PRABUMULIH

ADE MIRANDA, NIM. 312015035 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KAMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU ISHLAHUL UMMAH PRABUMULIH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015035_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text
312015035_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)

Abstract

Kata kunci: Kemampuan, menulis, teks puisi, Concept Sentence. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang sering menghadapi kesulitan dalam menulis puisi. Peneliti memerlukan model pembelajaran dalam belajar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Permasalahan dalam penelitian adalah adakah pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Ishlahul Ummah Prabumulih? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap kemampuan siswa menulis teks puisi dan mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks puisi. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menggunakan rancangan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Ishlahul Ummah Prabumulih yang berjumlah 45 siswa. Peneliti menentukan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan porposive sample. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Mesir sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII Kuwait sebanyak 21 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara guru Bahasa Indonesia, tes siswa, angket siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Ishlahul Ummah Prabumulih. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis data tes dan angket. Berdasarkan hasil deskripsi penelitian, diperoleh simpulan bahwa pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Ishlahul Ummah tergolong signifikan, karena terbukti thitung lebih besar dari pada ttabel pada taraf signifikan 5% dengan DK (Derajat Kebebasan) 5,86 ≥ 1,68. Hipotesis yang dikemukakan, yaitu pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Ishlahul Ummah Prabumulih terbukti kebenarannya. Penulis menyarankan agar siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Ishlahul Ummah Prabumulih lebih giat dan bersungguh-sungguh belajar menulis puisi agar mendapatkan hasil yang lebih baik dan guru Bahasa Indonesia harus kreatif dalam memilih model pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembiming,(I) Dra. Mulyati, M.Pd. (II) Drs. Refson, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, menulis, teks puisi, Concept Sentence.
Subjects: Bahasa Indonesia > Puisi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 12 Sep 2019 04:58
Last Modified: 12 Sep 2019 04:58
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5015

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.