PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 PALEMBANG

HAVIZA AMALIA, NIM. 322015010 (2019) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
322015010_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (881kB) | Preview
[img] Text
322015010_BAB II_SAMPAI_BAB AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)

Abstract

Kata kunci: Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar Siswa Berdasarkan pengamatan sementara masih ada beberapa siswa yang hasil belajar pada mata pelajaran kearsipannya belum mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), apakah hal ini disebabkan oleh pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru belum sesuai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan di sekolah menengah kejuruan (SMK) Negeri 1 Palembang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik penelitian ini menggunakan angket yang di sebarkan kepada 56 sampel penelitian, observasi yaitu mengamati kegiatan belajar mengajar di kelas guna memperoleh penilaian bagaimana cara guru dalam mengelola kelas dan dokumentasi untuk memperoleh data nilai raport semester ganjil T.A 2018-2019 pada mata pelajaran kearsipan. Angket terdiri satu variabel yaitu variabel (X) Pengelolaan Kelas dengan 28 item pernyataan, sedangkan variabel (Y) Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan mengambil data dari nilai raport semester ganjil. Analisis data yang digunakan adalah analisis Product Moment dan uji signifikan (uji t). Berdasarkan analisis peneliti, nilai rhitung yang didapat dari hasil perhitungan lebih besar dari pada nilai rtabel (0,273 > 0,258). Sedangkan perhitungan uji signifikan (uji t) nilai thitung yang diperoleh lebih besar dari pada ttabel (2.084 > 1.673). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan. Semakin baik pengelolaan kelas maka semakin baik juga hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan. Saran agar guru lebih meningkatkan kemampuan dalam mengelola kelas guna meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: (I) Drs. H. M. Zalili Aziz, M.Pd, (II) Dra. Rytha Petrossky, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Sep 2019 06:47
Last Modified: 11 Sep 2019 06:47
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4978

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.