PERSEPSI SISWA TERHADAP PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 LEMBAK KABUPATEN MUARA ENIM

PHITRI INDRIANI, NIM. 322015023 (2019) PERSEPSI SISWA TERHADAP PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 LEMBAK KABUPATEN MUARA ENIM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
322015023_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text
322015023_BAB II _SAMPAI_BAB AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)

Abstract

Kata kunci: Persepsi Siswa, Peran Guru Sebagai Motivator Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lembak Kabupaten Muara Enim mengenai persepsi siswa terhadap peran guru sebagai motivator dalam proses pembelajaran. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, siswa harus mempunyai persepsi terhadap peran guru sebagai motivator. Persepsi yang diberikan siswa dapat berupa penilaian positif dan negatif terhadap guru sebagai motivator. Dengan adanya persepsi siswa, maka peran guru sebagai motivator dalam proses pembelajaran dapat ditingkatkan. Rumusan Masalah penelitian: bagaimana persepsi siswa terhadap peran guru sebagai motivator dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lembak Kabupaten Muara Enim. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan kelas XI SMA Negeri 1 Lembak Kabupaten Muara Enim populasi siswanya berjumlah 315 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 25%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 75 siswa menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap peran guru sebagai motivator dalam proses pembelajaran termasuk kategori sangat baik (87,8%). Persepsi siswa terhadap peran guru sebagai motivator dalam proses pembelajaran berdasarkan indikator semuanya dikategorikan sangat baik, karena persentase indikator di atas 80%. Saran: diharapkan pihak sekolah dapat melakukan beberapa hal diantaranya yaitu, dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa melalui peran guru sebagai motivator dalam proses pembelajaran salah satunya saat proses belajar mengajar guru menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan bervariasi, maka siswa akan merasa senang dan tertarik untuk belajar. Terutama khusus guru diharapkan pada saat proses belajar mengajar guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: (I) Dr. Herman Seri, M.Pd., (II) Samsilayurni, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Peran Guru Sebagai Motivator
Subjects: Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Sep 2019 06:35
Last Modified: 11 Sep 2019 06:35
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4971

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.