PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PENGENTASAN KESULITAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 46 PALEMBANG

YESSY DWI MARETHA, NIM. 322015030 (2019) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PENGENTASAN KESULITAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 46 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
322015030_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text
322015030_BAB II_SAMPAI_BAB AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)

Abstract

Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Kesulitan Belajar. Berdasarkan pengamatan masih ada beberapa siswa yang sulit menerima mata pelajaran, pengaruh lingkungan sekitar baik di kalangan sekolah maupun di masyarakat. Apakah hal ini dikarenakan tidak di laksanakannya bimbingan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Pengentasan Kesulitan Belajar Siswa di SMP Negeri 46 Palembang. Hipotesis Alternatif Ha: “Terdapat Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Pengentasan Kesulitan Belajar Siswa di SMP Negeri 46 Palembang”. Hipotesis Nihil Ho = “Tidak Terdapat Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Pengentasan Kesulitan Belajar Siswa di SMP Negeri 46 Palembang”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Pengentasan Kesulitan Belajar Siswa di SMP Negeri 46 Palembang. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik penelitian ini menggunakan angket dengan populasi sebanyak 193 siswa dan sampel sebanyak 48 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling, angket terdiri dari dua variabel yaitu variabel (X) Bimbingan Belajar dengan 20 item pernyataan, sedangkan variabel (Y) Kesulitan Belajar dengan 20 item pernyataan. Analisis data yang digunakan adalah analisis pearson product moment menggunakan regresi linear sederhana dan uji siginifikan (uji-t). Berdasarkan analisis penelitian dimana variabel Bimbingan Belajar (X) memperoleh total 3947 dan Kesulitan Belajar (Y) memperoleh total 4054 dan nilai rhitung di dapat dari hasil perhitungan lebih besar daripada nilai rtabel (0,835 > 0,284). Sedangkan perhitungan uji signifikan (uji-t) nilai thitung yang diperoleh lebih besar dari pada ttabel (10.305 > 1.678). Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan belajar memberikan pengaruh signifikan terhadap pengentasan kesulitan belajar siswa. Disarankan agar kepala sekolah dan guru lebih meningkatkan lagi bimbingan belajar sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: (I) Drs. H. M.Zalili Aziz., M.Pd., (II) Samsilayurni., S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Belajar, Kesulitan Belajar.
Subjects: Administrasi Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Sep 2019 06:05
Last Modified: 11 Sep 2019 06:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4960

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.