PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGURANGI PERILAKU SISWA MENCONTEK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

SISKANAWATY, NIM. 322015028 (2019) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGURANGI PERILAKU SISWA MENCONTEK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
322015028_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text
322015028_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)

Abstract

ABSTRAK Siskanawaty 2019. Peran guru bimbingan dan konseling dalam megurangi perilaku siswa mencontek di sekolah menengah kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Drs. H.M. Zalili Aziz, M.Pd. (II) Dra. Rytha Petrossky, M.Si. Kata Kunci: Peran Guru BK, Perilaku Mencontek Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) semakin hari semakin berkembang seperti tanpa batas ruang serta waktu, bahkan dapat di akses dengan cepat di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Oleh karena itu, layanan bimbingan dan konseling sangat diperlukan sebagai sarana dalam membantu (to help) peserta didik agar tidak salah langkah dalam menyikapi perkembangan dunia yang semakin canggih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku siswa mencontek di sekolah menengah kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang, bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam mengurangi perilaku siswa mencontek di sekolah menengah kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang, dan apa saja faktor yang melatarbelakangi perilaku siswa menyontek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam mengurangi perilaku siswa menyontek di sekolah menengah kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang, untuk mengetahui bentuk peran guru bimbingan dan konseling, dan untuk mengetahui hambatan dan cara dalam mengurangi perilaku siswa mencontek. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Artinya penelitian lapangan penelitian yang dilakukan secara langsung. Yang berarti bahwa datanya di ambil atau di dapatkan di sekolah. Sedangkan kualitatif artinya penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Menurut Arikunto jika subjek kurang dari 100 orang maka tidak perlu dilakukan penarikan sempel, penelitian dilakukan dengan menggunakan sempel purposive sampling yaitu teknik pengambilan sempel tidak berdasarkan random, daerah atau starata, melainkan berdasarkan atas adanya pertimbangan yang berfokus pada tujuan tertentu. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam mengurangi perilaku siswa menyontek di kelas XI-Akutansi yang berjumlah delapan orang, penelitian ini membawa dampak yang positif. Guru Pembimbing melakukan perannya dengan cara memberikan layanan informasi serta bimbingan kelompok kepada siswa, dengan memberikan materi informasi yang berkaitan dengan mengurangi perilaku siswa menyontek dan layanan bimbingan kelompok yang dapat melatih mengurangi kebiasaan menyontek mereka. Peran guru bimbingan dan konseling menimbulkan reaksi positif dari perilaku serta pola pikir siswa. Guru merasa senang dan merasa terbantu dalam mengurangi perilaku siswa menyontek, dan siswa lebih antusias dalam mengikuti pelaksanaan bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing (I) Drs. H.M. Zalili Aziz, M.Pd. (II) Dra. Rytha Petrossky, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru BK, Perilaku Mencontek
Subjects: Administrasi Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:17
Last Modified: 11 Sep 2019 03:17
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4942

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.