PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 8 PALEMBANG

ETIK HUSWATUN HASANAH, NIM. 312015014 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 8 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015014_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
312015014_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: pengaruh, kreatif produktif , kemampuan menulis cerpen. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang sering menghadapi kesulitan dan merasa kurang tertarik dengan model pembelajaran yang konvensional dan monoton dalam menulis cerpen. Peneliti memerlukan model pembelajaran dalam menulis cerpen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran kreatif produktif terhadap kemampuan menulis cerpen peserta didik kelas XI SMA Negeri 8 Palembang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kreatif produktif terhadap kemampuan menulis cerpen. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen yang menggunakan metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan memberikan tes uraian pretest dan posttest, pemberian angket kepada peserta didik dan pemberian wawancara kepada guru bahasa Indonesia. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 8 Palembang tahun ajaran 2019/2020, berjumlah 350 peserta didik, yang menjadi sampel berjumlah 72 peserta didik, terdiri dari 36 kelas ekperimen dan 36 kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian pretest kelas ekperimen, diperoleh nilai rata-rata y1 = 55,91 dan hasil perhitungan posttets kelas ekperimen menggunakan model kreatif produktif diperoleh nilai rata-rata y2 =77,98. Sedangkan, hasil pretest kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata x1 = 60,14 dan hasil perhitungan hasil posttest kelas kontrol dengan menggunakan diperoleh nilai rata-rata x2 =65,39. Setelah data dianalisa, maka didapat nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik daripada nilai ratarata kelas kontrol. Kemudian dari hasil analisis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 13,74 untuk a = 5% dan dk =70 didapat ttabel = 1,67. Jadi, thitung ≥ ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, hipotesis Ha yang menyatakan Ada Pengaruh Model Pembelajaran Kreatif Produktif terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 8 Palembang”, dapat diterima kebenarannya. Dengan demikian, hasil nilai posttest kelas eksperimen telah telah mencapai nilai KKM yang ditentukan yaitu 75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: (I) Supriatini, S.Pd., M.Pd. (II) Dra.Mulyati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengaruh, kreatif produktif , kemampuan menulis cerpen
Subjects: Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:48
Last Modified: 10 Sep 2019 03:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4916

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.