KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 35 PALEMBANG

SRI AMBARYANI, NIM. 312015076 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 35 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015076_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312015076_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)

Abstract

katakunci: keefektifan, model pembelajaran concept sentence, menulis, karangan deskripsi. Latar belakang dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan dalam menulis karangan deskripsi. Masalah dalam penelitian ini adalah efektifkah model pembelajaran concept sentence dalam menulis karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 35 Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Concept Sentence dalam menulis karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 35 Palembang. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 266 siswa dari seluruh kelas VII SMP Negeri 35 Palembang dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 siswa diambil secara acak (random smpling) dari kelas VII.8 sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII.9 sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, angket, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa model pembelajaran concept sentenceefektif terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 35 Palembang dan signifikan karena terbukti bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel pada taraf signifikan 5%. Setelah membandingkan hasil tes kelas kontrol dengan hasil tes kelas eksperimen diperoleh bahwa thitung> ttabel1,870 > 1,677 pada taraf signifikan 5% dengan dk 48,yaitu adanya perbedaan nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 69 dan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 72. Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan, yaitu “Model pembelajaran concept sentenceterbukti efektif terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 35 Palembang.” terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: (I) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd. (II) Supriatini, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model pembelajaran concept sentence, menulis, karangan deskripsi.
Subjects: Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 09 Sep 2019 06:59
Last Modified: 09 Sep 2019 06:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4883

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.