PENGARUH METODE LISTENING TEAM DALAM MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 LAHAT

SELVI. D, NIM. 312015033 (2019) PENGARUH METODE LISTENING TEAM DALAM MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 LAHAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015033_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (884kB) | Preview
[img] Text
312015033_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)

Abstract

Kata kunci: pengaruh, metode listening team, mengonstruksi, teks eksposisi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang sering menghadapi kesulitan mengonstruksi teks eksposisi. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode listenig team berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam mengonstruksi teks eksposisi? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode listening team dalam mengonstruksi teks eksposisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true eksperimental design. Data penelitian ini diperoleh melalui tes, angket, dan wawancara kepada guru Bahasa Indonesia. Kelas X berjumlah 68 siswa yang menjadi sampel adalah 48 siswa, terdiri dari 24 kelas kontrol dan 24 kelas eksperimen. Hasil dari penelitian pada kelas kontrol nilai terendah yang dicapai siswa adalah 38 berjumlah 2 orang, nilai tertinggi yang dicapai siswa adalah 75 berjumlah 2 orang, dan nilai rata-rata yang dicapai adalah 60,54. Pada kelas eksperimen nilai terendah dicapai siswa adalah 35 berjumlah 1 orang, nilai tertinggi yang dicapai adalah 83 berjumlah 1 orang, dan nilai rata-rata yang dicapai adalah 78,12. Kesimpulan penelitian ini adalah metode listening team berpengaruh terhadap mengonstruksi teks eksposisi. Hipotesis terbukti pada kelas kontrol siswa yang memperoleh nilai ≥75 adalah 2 orang dan siswa memperoleh nilai ≤75 adalah 22 orang. Pada kelas eksperimen siswa yang memperoleh nilai ≥75 adalah 24 orang (100%) dan tidak ada yang memperoleh nilai ≤75. Oleh karena itu, disarankan pada guru Bahasa Indonesia untuk menggunakan metode listening team atau menggunakan metode yang lebih baik lagi. Untuk siswa sebaiknya tingkatkan minat dalam belajar khususnya menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing (I) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd. (II) Dra. Ismaiyati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengaruh, metode listening team, mengonstruksi, teks eksposisi.
Subjects: Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 09 Sep 2019 06:58
Last Modified: 09 Sep 2019 06:58
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4879

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.