KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HASIL WAWANCARA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG

ZAHRA AGMAYELA, NIM. 312015079 (2019) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HASIL WAWANCARA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015079_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text
312015079_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)

Abstract

Kata Kunci: Keefektifan, Model Team Assisted Individualization, Teks Wawancara. Kemampuan siswa dalam menulis teks wawancara masih sangat rendah, siswa masih kesulitan dalam berkomunikasi dan menulis hasil teks wawancara. Masalah dalam peneltian ini adalah bagaimanakah keefektifan penggunaan model (TAI) terhadap kemampuan menulis hasil wawancara siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran (TAI) terhadap kemampuan menulis hasil wawancara siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Unggulan SMP Muhammadiyah 4 Palembang yang berjumlah 189 siswa. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah kelas VIII U 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas VIII U 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 29 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain posttest only control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata tes kelas eksperimen adalah 78,72 dan nilai rata-rata tes kelas kontrol adalah 66,99, sedangkan = 2,89 dan = 2,001 dengan db (derajat kebebasan) yaitu 59. Setelah dihubungkan thitung > yaitu 2,89 > 2,001. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) efektif digunakan dalam menulis teks wawancara siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Peneliti memberikan saran bagi siswa, lebih berperan aktif dan bersungguh-sungguh mengikuti proses pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, bagi guru, dapat memilih dan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dalam proses belajar mengajar, bagi peneliti lain, dalam menggunakan model pembelajaran TAI harus bisa memanfaatkan dan membagi alokasi waktu pembelajaran karena membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pembelajarannya, terutama dalam membuat teks wawancara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: (I) Dr. Gunawan Ismail, M.Pd. (II) Dra. Listini, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Model Team Assisted
Subjects: Bahasa Indonesia > Sistem Penulisan dan Fonologi Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 09 Sep 2019 05:23
Last Modified: 09 Sep 2019 05:23
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4865

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.