Pengaruh Model Pembelajaran Word Sqaure terhadap Kemampuan Memahami Teks Berita Peserta Didik SMP Negeri 7 Palembang

UKRAINA APRITANTI, NIM. 312015053 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Word Sqaure terhadap Kemampuan Memahami Teks Berita Peserta Didik SMP Negeri 7 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015053_BAB 1_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text
312015053_BAB 2_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang sering menghadapi kesulitan dan merasa kurang tertarik dengan model pembelajaran yang konvensional dan monoton dalam memahami teks berita. Peneliti memerlukan model pembelajaran dalam memahami teks berita. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran word square terhadap kemampuan memahami teks berita peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Palembang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran word square terhadap kemampuan memahami teks berita. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen yang menggunakan metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan memberikan tes uraian pretest dan posttest, pemberian angket kepada peserta didik dan pemberian wawancara kepada guru bahasa Indonesia. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Palembang tahun ajaran 2019/2020, berjumlah 320 peserta didik, yang menjadi sampel berjumlah 55 peserta didik, terdiri dari 27 peserta didik kelas kontrol dan 28 peserta didik kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian pretest kelas kontrol, diperoleh nilai rata-rata y1 = 64 dan hasil perhitungan posttets kelas kontrol, diperoleh nilai rata-rata y2 = 78,74. Sedangkan, hasil pretest kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata x1 = 69,89 dan hasil perhitungan hasil posttest kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran word square diperoleh nilai rata-rata x2 = 94,28. Setelah data dianalisa, maka didapat nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik daripada nilai rata-rata kelas kontrol. Kemudian dari hasil analisis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 2,38 untuk a = 5% dan dk =53 didapat ttabel = 1,67. Jadi, thitung ≥ ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, hipotesis Ha yang menyatakan Ada Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Kemampuan Memahami Teks Berita Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 7 Palembang”, dapat diterima kebenarannya. Dengan demikian, hasil nilai posttest kelas eksperimen telah telah mencapai nilai KKM yang ditentukan yaitu 75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Supriatini, S.Pd., M.Pd. 2. Drs. H. Refson, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pengaruh, word square, teks berita
Subjects: Bahasa Indonesia > Fiksi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Sep 2019 06:36
Last Modified: 07 Sep 2019 06:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4822

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.