PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SUGESTOPEDIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA SMP YAYASAN BAKTI PRABUMULIH

DIAH AYU SARASWATI, NIM. 312015058 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SUGESTOPEDIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA SMP YAYASAN BAKTI PRABUMULIH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015058_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
312015058_BAB 2 SAMPAI DENGAN BAB TERAKHIR.pdf

Download (722kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah model pembelajara sugestopedia dapat merespon gambaran-gambaran yang diberikan dengan imajinasi dan logika yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik. Rumusan Masalah Bagaimana pengaruh model pembelajaran sugestopedia terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Yayasan Bakti Prabumulih. Tujuan Penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran sugestopedia terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Yayasan Bakti Prabumulih. Hipotesis terdapat dari pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran sugestopedia. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4 kelas dan yang menjadi sampel hanya 2 kelas. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan tes. Kesimpulan hasil pengujian mean kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dikonsultasikan pada ttabel ternyata perbedaan tersebut signifikan hal ini dapat diketahui dari perhitungan uji t yang menunjukan bahwa thitung > ttabel atau 6,08 ≥ 1,99 dengan dk = 52. Maka, model pembelajaran sugestopedia berpengaruh terhadap keterampilan peserta didik dalam menulis puisi SMP Yayasan bakti Prabumulih. Saran diharapkan guru bahasa Indonesia yang mengajar dikelas VIII SMP Yayasan Bakti Prabumulih diharapkan menggunakan model pembelajaran sugestopedia dalam menulis karangan puisi karena, sudah terbukti melalu penerapan model pembelajaran sugestopedia sangat efektif dan dapat meningkatkan keterampilan pesrta didik dalam berimajinasi menulis karangan puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. Danto, M.Pd. 2. Dra. Ismaiyati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model Pembelajaran Sugestopedia, menulis puisi
Subjects: Bahasa Indonesia > Puisi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Sep 2019 04:50
Last Modified: 07 Sep 2019 04:50
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4798

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.