PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMA SANUDIN PANGKALAN BALAI

SRI ANDANI, NIM. 312015006 (2019) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMA SANUDIN PANGKALAN BALAI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
312015006_II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah metode problem solving digunakan untuk mengetahui pengetahuan peserta didik dalam menulis teks laporan hasil observasi, karena peserta didik masih menemukan kesulitan saat menulis karangan teks laporan hasil observasi. Selama ini peserta didik cenderung menulis teks laporan hasil observasi tidak memperhatikan isi gagasan yang mendukung, organisasi isi, tata bahasa, gaya penulisan dan struktur kata, serta ejaan yang disempurnakan. Masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Sanudin Pangkalan Balai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Sanudin Pangkalan Balai. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Sanudin Pangkalan Balai yang berjumlah 105 peserta didik. Sampel penelitian ini kelas X Mis1 27 peserta didik kelas eksperimen dan Xmis2 27 peserta didik kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh melalui tes, angket, dan wawancara. Kesimpulan metode problem solving berpengaruh dalam menulis karang teks laporan hasil observasi terbukti thitung lebih besar dari pada ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,57 ≥ 1,67. Hipotesis yang dikemukakan, yaitu pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa SMA Sanudin Pangkalan Balai terbukti kebenaranya. Penulis menyarankan agar siswa kelas X SMA Sanudin Pangkalan Balai lebih giat dan bersungguh-sungguh belajar menulis teks laporan hasil observasi agar mendapatkan hasil lebih baik dan guru Bahasa Indonesia harus kreatif dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia, dengan menggunakan metode problem solving untuk mecapai tujuan pembelajaran khususnya menulis teks laporan hasil observasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Gunawan Ismail, M.Pd. 2. Dra. Hj. Listini, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pengaruh, problem solving, menulis, laporan, hasil observasi
Subjects: Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 09 Sep 2019 01:44
Last Modified: 09 Sep 2019 01:44
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4796

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.