SRI ANDANI, NIM. 312015006 (2019) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMA SANUDIN PANGKALAN BALAI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312015006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (371kB) | Preview |
|
Text
312015006_II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah metode problem solving digunakan untuk mengetahui pengetahuan peserta didik dalam menulis teks laporan hasil observasi, karena peserta didik masih menemukan kesulitan saat menulis karangan teks laporan hasil observasi. Selama ini peserta didik cenderung menulis teks laporan hasil observasi tidak memperhatikan isi gagasan yang mendukung, organisasi isi, tata bahasa, gaya penulisan dan struktur kata, serta ejaan yang disempurnakan. Masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Sanudin Pangkalan Balai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Sanudin Pangkalan Balai. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Sanudin Pangkalan Balai yang berjumlah 105 peserta didik. Sampel penelitian ini kelas X Mis1 27 peserta didik kelas eksperimen dan Xmis2 27 peserta didik kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh melalui tes, angket, dan wawancara. Kesimpulan metode problem solving berpengaruh dalam menulis karang teks laporan hasil observasi terbukti thitung lebih besar dari pada ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,57 ≥ 1,67. Hipotesis yang dikemukakan, yaitu pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa SMA Sanudin Pangkalan Balai terbukti kebenaranya. Penulis menyarankan agar siswa kelas X SMA Sanudin Pangkalan Balai lebih giat dan bersungguh-sungguh belajar menulis teks laporan hasil observasi agar mendapatkan hasil lebih baik dan guru Bahasa Indonesia harus kreatif dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia, dengan menggunakan metode problem solving untuk mecapai tujuan pembelajaran khususnya menulis teks laporan hasil observasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Dr. Gunawan Ismail, M.Pd. 2. Dra. Hj. Listini, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: pengaruh, problem solving, menulis, laporan, hasil observasi |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 01:44 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 01:44 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4796 |
Actions (login required)
View Item |