RIALITA OKTAVIA, NIM. 312015074 (2019) RIALITA OKTAVIA, NIM. 312015074 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIDATO SISWA SMP NEGERI 13 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312015074_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
312015074_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bahasa sebagai alat komunikasi yang digunakan oleh setiap individu dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh keterampilan berbicara adalah berpidato, berpidato dengan menggunakan model pembelajaran SAVI. SAVI adalah salah satu model yang menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indera yang dimiliki siswa. Penerapan model pembelajaran SAVI diharapkan dapat menjadi alternative dan mampu menarik perhatian siswa untuk berpidato siswa kelas IX SMP Negeri 13 Palembang. Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan kemampuan berpidato siswa SMP Negeri 13 Palembang dapat diterapkan? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpidato siswa kelas IX SMP Negeri 13 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tes lisan (berpidato), angket, danwawancara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat komponen perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflekcting). Subjek penelitian diambil dari kelas IX 5 yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 19 perempuan. Berdasarkan hasil data tes berpidato prasiklus yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) terdapat 7 (21,21%) siswa, siklus 1 sebanyak 16 (48,48%) siswa, dan siklus 2 sebanyak 24 (72,72%) siswa. Dari hasil penelitian ini, nilai tertinggi dari prasiklus sampai dengansiklus 2 yang diperoleh siswa adalah 90 dan nilai terendah adalah 50 dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada prasiklus 58,96, siklus 1 sebesar 64,60, serta siklus 2 sebesar 71,00. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa siswa kelas IX SMP Negeri 13 Palembang terampil berpidato melalui model pembelajaran SAVI dan terbukti kebenarannya sesuai dengan pengujian hasil hipotesis. Oleh karena itu, peneliti menyarankan pada guru Bahasa Indonesia agar memberikan materi pelajaran dengan model pembelajaran yang bervariasi. Kemudian, peneliti juga menyarankan untuk siswa lebih meningkatkan lagi minat dalam belajar bahasa Indonesia khususnya materi teks pidato .
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Supriatini, S.Pd., M.Pd. 2. Drs. H. Mustofa, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | kata kunci: penerapan, model pembelajaran SAVI, teks pidato |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Pidato |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 07 Sep 2019 04:15 |
Last Modified: | 07 Sep 2019 04:15 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4789 |
Actions (login required)
View Item |