PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 33 PALEMBANG

DOBI EKRI, NIM. 332012011 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 33 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332012011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
332012011_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ekri, Dobi. 2019. Pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Siswa SMP Negeri 33 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. Sunardi, M.Pd, (II) Rieno Septra Nery, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Numbered Heads Together (NHT), Himpunan. Proses pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, yaitu dimana siswa hanya diarahkan untuk duduk, mencatat, mendengarkan dan mengerjakan soal. Metode tersebut menyebabkan cara berpikir siswa menjadi tidak dinamis dan kreatif, yang secara langsung atau tidak langsung berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa serta model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) ini belum pernah diterapkan di SMP Negeri 33 Palembang. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang membina kerja sama dan menjadikan siswa aktif dan kreatif dalam belajar yang akhirnya memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran yang diterimanya, memberikan kesempatan siswa untuk melatih tanggung jawab pribadi, serta memberikan hasil pembelajaran yang lebih optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa materi himpunan kelas VII SMP Negeri 33 Palembang?”. adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa materi himpunan kelas VII SMP Negeri 33 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 33 Palembang dengan sampel kelas VII3 sebagai kelas ekperimen dan kelas VII4 sebagai kelas kontrol. Dari perhitungan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT didapat nilai rata-rata ̅ = 82,10 dan standar deviasinya = 10,04 sedangkan perhitungan hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan medol pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) didapat nilai rata-rata ̅ = 80,83 dan standar deviasinya = 10,03. Setelah datanya di analisis, maka didapat nilai rata-rata tersebut terdapat perbedaan. Berdasarkan analisis hasil perhitungan dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 1,428 untuk ɑ = 5% dan dk = 48 didapat ttabel = 1,2 jadi thitung > ttabel karena thitung ttabel terletak di daerah penolakan Ho dan Ha diterima. Dari pengujian hipotesis Ha yang menyatakan “ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 33 Palembang” diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Sunardi, M.Pd 2. Rieno Septra Nery, S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together (NHT), Himpunan
Subjects: Matematika > Matematika Induksi dan Intuitif
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Sep 2019 02:16
Last Modified: 07 Sep 2019 02:16
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4769

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.