PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG

NURNA HERLINA, NIM. 312015038 (2019) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015038_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (568kB) | Preview
[img] Text
312015038_BAB 2 SAMPAI TERAKHIR_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah siswa yang masih bermalas-malasan untuk belajar dan kurangnya ketertarikan untuk menulis puisi. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan saintifik berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Palembang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pendekatan saintifik berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Palembang. Populasi dalam penelitian ini kurang dari 100 maka diambil sebagai penelitian populasi, jadi sampel dalam penelitian ini adalah total populasi yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 62 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Hasil penelitian data tes adalah nilai rata-rata tes awal pada kelas kontrol, yaitu 54,22 dan nilai rata-rata tes akhir pada kelas kontrol yaitu, 60,38. Sedangkan nilai rata-rata tes awal pada kelas eksperimen yaitu, 58,22 dan nilai rata-rata tes akhir pada kelas eksperimen yaitu 73,16. Hasil analisis data angket menyatakan bahwa sebagian besar siswa tertarik dengan pelajaran puisi walaupun mereka kadang-kadang merasa kesulitan. Guru Bahasa Indonesia selalu memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi pelajaran yang belum dimengerti. Kesimpulan berdasarkan hasil pengujian mean kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah dikonsultasikan pada ttabel ternyata perbedaan tersebut signifikan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel atau 4,49 ≥ 1,67 pada taraf signifikan 5% dengan DK 60. Dari hasil pengujian mean tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Palembang. Saran dalam penelitian ini adalah guru dapat menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran menulis puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. Refson, M.Pd. 2. Drs. Danto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, menulis puisi.
Subjects: Bahasa Indonesia > Puisi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 06 Sep 2019 02:49
Last Modified: 06 Sep 2019 02:49
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4757

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.