PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 20 PALEMBANG

YOLA RAFIKA DEWI, NIM. 332015022 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 20 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332015022_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text
332015022_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: pembelajaran problem based learning, bentuk aljabar, penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan bentuk aljabar Pembelajaran matematika merupakan salah satu bidang studi yang ada pada semua jenjang pendidikan mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi,bahkan matematika diajarkan dari taman kanak-kanak secara informal. Salah satu pembelajaran dalam matematika khususnya pada tingkat SMP ada materi yang kita kenal dengan bentuk aljabar. Pada materi bentuk aljabar terbagi beberapa sub materi yaitu penjumlahan bentuk aljabar,pengurangan bentuk aljabar, perkalian dan pembagian bentuk aljabar, perpangkatan bentuk aljabar materi bentuk aljabar sangat tepat untuk diajarkan dengan metode Problem based Learning masalah dalam penelitian ini adakah pengaruh hasil belajar matematika materi bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 20 Palembang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian true experimental design. Sampel dipilih secara random (acak) dengan memilih duadari sebelas kelas yang ada, satu kelas menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan satu kelas tanpa menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini dimulai dari pembuatan instrumen kemudian dilanjutkan dengan uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes tertulis berupa soal-soal yang berbentuk esai. Hasil penelitiannya adalah hasil tes dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning diperoleh nilai rata-rata ̅ dan standar deviasi sedangkan hasil tes tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (kelas kontrol) diperoleh rata-rata ̅ dan standar deviasi . Kemudian hasil dari analisis data menggunakan statistik uji t untuk = 5% dan dk = diperoleh interval penerimaan -1,67 < t < 1,67 dengan harga jadi harga maka Ho diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika materi bentuk aljabar kelas VII SMP Negeri 20 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, (I). Dr. H. A. Hussein Fattah, M.M. (II).Luvi Antari, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran problem based learning, bentuk aljabar, penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan bentuk aljabar
Subjects: Matematika > Ilmu Hitung
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:03
Last Modified: 09 Sep 2019 02:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4751

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.