PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI TEKS EKSPLANASI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

LUCYANA FARIDA DANIARTI, NIM. 312015032 (2019) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI TEKS EKSPLANASI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015032_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (849kB) | Preview
[img] Text
312015032_BAB II_SAMPAI_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (957kB)

Abstract

kata kunci: pengaruh, model pembelajaran Project Based Learning (PBL), teks eksplanasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang masih kesulitan dalam menulis teks eksplanasi. Peneliti menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi teks eksplanasi di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi teks eksplanasi di SMA Muhammadiyah Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen yang menggunakan rancangan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Palembang tahun ajaran 2019/2020, berjumlah 137 orang (72 laki-laki dan 65 perempuan) dengan sampel sebanyak 53 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui teknik tes, angket, dan wawancara terhadap guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data tes, teknik data angket, dan teknik data wawancara. Berdasarkan hasil deskripsi penelitian, diperoleh simpulan bahwa pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Palembang tergolong signifikan, karena terbukti lebih besar dari pada pada taraf signifikan 5% dengan DK (Derajat Kebebasan) 3,93 ≥ 1,67. Hipotesis yang ditemukan, yaitu pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi teks eksplanasi di SMA Muhammadiyah 2 Palembang terbukti kebenarannya. Penulis menyarankan agar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Palembang lebih rajin dan giat belajar materi teks eksplanasi agar mendapatkan hasil yang lebih baik dan guru Bahasa Indonesia harus lebih kreatif memilih model pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: (I) Drs. Danto, M.Pd. (II) Supriatini, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengaruh, model pembelajaran Project Based Learning (PBL), teks eksplanasi
Subjects: Administrasi Pendidikan > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 05 Sep 2019 06:54
Last Modified: 05 Sep 2019 06:54
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4749

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.