JESISKA, NIM. 352015017 (2019) EKSISTENSI MADRASAH AL QURANIYAH DI PALEMBANG TAHUN 1920 2019. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
352015017_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (690kB) | Preview |
|
Text
352015017_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (792kB) |
Abstract
Kata Kunci: Eksistensi, Madr asah, Al Quraniyah, Palembang Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan penulis untuk mengetahui Eksistensi Madrasah Al Quraniyah di Palembang Tahun 1920 201 9. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana sejarah berdirinya Madrasah Al Quraniyah di Palembang tahun 1920 2019; (2) Bagaimana Eksistensi Madrasah Al Quraniyah di Palembang tahun 1920 2019; (3) Bagaimana Pola Pendidikan Pada Masa Penjajahan Bela nda Sampai Sekarang di Palembang Tahun 1920 2019;(4)Bagaimana dampak dari keberadaan Madrasah Al Quraniyah bagi masyarakat Palembang tahun 1920 2019. Metode Penelitian ini adalah: Metode Historis (Metode Sejarah) dan metode survei . Jenis Penelitian yang d igunakan: jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan geografi, sosiologi, antro pologi, keagamaan. Prosedur pengumpulan data melalui (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Teknik analisis data melalui studi pustaka dan data lapangan. K esimpulan bahwa: (1) Sejarah berdirinya Madrasah Al Quraniyah di Palembang tahun 1920 2019 ad alah didirikan oleh Muhammad Yunus pada tahun 1920, di Palembang pada saat itu masih sangat minim sekali sekolahan sehingga para pengurus mendirikan gedung madrasa h tahun 1928 yang mendapat modal dari Kms. H. Akib; (2) Eksistensi Madrasah Al Quraniyah tahu n1920 2019 dapat dilihat dari perkembangan bangunannya, awalnya kayu direnovasi sampai sekarang bangunan sudah menjadi beton dan bertingkat, perkembangan siswa sis wi awalnya hanya tujuh orang sehingga madrasah ini mulai mendapatkan respon dari masyarakan s ehingga siswa mulai bertambah sampai saat ini, perkembangan guru dilihat pada awalnya guru tamatan SMA sudah bisa mengajar sehingga saat ini harus lulusan dari Per guruan Tinggi baru bisa mengajar, perkembangan para alumni yang sudah banyak; (3) Pola pendid ikan pada masa Belanda sampai saat ini yaitu masa Belanda anak anak dilarang untuk belajar agama, pembelajaran dibagi menjadi tiga yaitu pagi, siang dan malam, pad a masa Jepang anak anak dan guru diajarkan baris berbaris dan setiap pagi menghadap matahari, pada masa Orde Lama dalam satu kelas hanya bisa 10 orang dalam satu kelas, pada masa Orde Baru guru mengharuskan siswa untuk hapalan, program wajib selama 9 tahun , pada Reformasi metode pembelajarannya mulai bervariasi dan pola pendidikan pada saat ini mu lai mengikuti kurikulum dari pemerintah; (4) Dampak dari adanya Madrasah Al Quraniyah bermanfaat bagi anak anak. Saran penulis kepada mahasiswa Program Studi Pendi dikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang hend aknya terus menggali dan mempelajari tempat bersejarah karena sangat bermanfaat agar mengetahui tempat bersejarah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: (I) Dra. Nurhayati Dina, M.Pd (II) Apriana, M. Hum |
Uncontrolled Keywords: | Eksistensi, Madr asah, Al Quraniyah, Palembang |
Subjects: | Sejarah > Sejarah Indonesia Sejarah > Tempat-Tempat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 06:40 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 06:40 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4747 |
Actions (login required)
View Item |