ARAHMAN, NIM. 312015070 (2019) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA MELALUI METODE PELATIHAN ACTING SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312015070_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (739kB) | Preview |
|
Text
312015070_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (887kB) |
Abstract
ABSTRAK Arahman. 2019. Upaya Peningkatan Keterampilan Bermain Drama Melalui Metode Pelatihan Acting Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dra. Mulyati, M.Pd., (II) Supriatini, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Keterampilan, drama, metode pelatihan acting. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan siswa dalam bermain drama yang salah satu penyebabnya dikarenakan metode pembelajarannya tidak dapat menimbulkan motivasi siswa untuk mengekspresikan ide dan keterampilannya dalam ber-action. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatkan keterampilan siswa dalm bermain drama dengan menggunakan metode pelatihan acting? Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan bermain drama siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang dengan menggunakan metode pembelajaran pelatihan acting. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara bersiklus dengan tahapan sebagai berikut. Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA Muhammadiyah 1 Palembang dengan jumlah siswa 34 orang,. Hasil penelitian ini membuktikan terdapat peningkatan keterampilan bermain drama siswa kelas XI IPA 5 SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai tes rata-rata siswa pada prasiklus yaitu 8 dengan klasikal ketuntasan belajar siswa sebesar 0%. Pada tes siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa 14 dengan klasikal ketuntasan belajar siswa sebesar 71%. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa 19 dengan klasikal ketuntasan belajar siswa sebesar 100%. Berdasarkan temuan di atas, kesimpulan penelitian ini adalah metode pembelajaran pelatihan acting terbukti dapat meningkatkan keterampilan bermain drama siswa kelas XI IPA 5 SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Oleh karena itu, disarankan pada sekolah agar menerapkan metode pembelajaran pelatihan acting, karena dapat meningkatkan keterampilan bermain drama siswa. Dengan demikian, akan meningkatkan kepercayaan masyarakat sekitar terhadap kualitas yang dimiliki oleh sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: (I) Dra. Mulyati, M.Pd., (II) Supriatini, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan, drama, metode pelatihan acting. |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Drama |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 06:31 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 06:32 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4738 |
Actions (login required)
View Item |