PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA SMP NEGERI 6 PRABUMULIH

AMELIA, NIM. 312015052 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA SMP NEGERI 6 PRABUMULIH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015052_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text
312015052_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)

Abstract

ABSTRAK Amelia. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa SMP Negeri 6 Prabumulih. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. H. Refson, M.Pd. (II) Surismiati, S,Pd., M.Pd. Kata kunci: Generatif, teks deskripsi Latar belakang penilitian ini adanya kenyataan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks masih terlihat belum memuaskan sehingga untuk mengatasi masalah tersebut, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan menulis teks siswa, yakni model pembelajaran generatif. Rumusan masalah penelitian ini adakah pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Prabumulih?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Prabumulih. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Prabumulih. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Prabumulih yang berjumlah 124 siswa. Sampel penelitian 2 kelas yakni kelas VII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.D sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan wawancara guru, sedangkan analisis data menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran generatif berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Prabumulih. Hal ini berdasarkan hasil tes awal (pretest) siswa kelas kontrol yang hanya memperoleh nilai rata-rata 59,76 dan kelas eksperimen memperoleh nilai 61,32. Setelah digunakan model pembelajaran generatif, yakni pada kelas eksperimen terjadi peningkatan yang cukup signifikan, yakni menjadi 70 dan telah memenuhi KKM yang ditetapkan oleh sekolah, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 63.6 dan belum mampu memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah. Sementara itu, hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 1,920 sedangkan nilai ttabel = 1,677. Hal ini menunjukkan bahwa thitung = 1,920 > ttabel = 1,677. Dengan demikian, penelitian dinyatakan berhasil karena terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Prabumulih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. H. Refson, M.Pd. 2. Surismiati, S,Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Generatif, teks deskripsi
Subjects: Bahasa Indonesia > Esai
Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:55
Last Modified: 05 Sep 2019 03:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4735

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.