AYUN GIASTUTI, NIM. 332015013 (2019) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PMRI PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
332015013_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (681kB) | Preview |
|
Text
332015013_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Giastuti, Ayun. Pengembangan Modul Matematika Siswa Berbasis Pendekatan PMRI Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (I) Dr. Refi Elfira Yuliani, S. Si., M. Pd.(II) Heru, S.Si., M.Pd Kata Kunci : pengembangan, 4D, PMRI Pada kompetensi pedagogik terdapat karakteristik yang berbunyi “Menata materi pembelajaran sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik” menunjukkan bahwa bahan ajar atau buku yang benar seharusnya sesuai dengan pendekatan yang digunakan. Karena itu, peneliti mengembangkan bahan ajar berupa modul menggunakan pendekatan PMRI. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (development research). Pengembangan modul menggunakan model 4D yang terdiri dari define (analisis awal akhir, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep dan spesifikasi tujuan pembelajaran), design (penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format dan rancangan awal), develop (validasi ahli dan pengujian pengembangan), dan dissiminate atau tahap penyebaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh modul modul matematika siswa berbasis pendekatan PMRI materi bangun datar kelas IV yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Valid terlihat dari hasil penilaian validator ahli atau dosen ahli yang menyatakan bahwa modul yang dikembangkan sudah dapat digunakan, berdasarkan materi, media dan bahasa. Kepraktisan dapat dilihat dari hasil angket respon siswa yang dilakukan pada uji coba terbatas dengan nilai 375 dari nilai maksimal 416 yang dipersentasekan menjadi 90,14%. Efek potensial dilihat dari hasil tes akhir peserta didik dengan nilai rata-rata 74% yang berarti hasil belajar peserta didik tergolong baik, maka dapat disimpulkan bahwa modul matematika siswa berbasis pendekatan PMRI materi bangun datar kelas IV SD yang telah dikembangkan memiliki efek potensial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : (I) Dr. Refi Elfira Yuliani, S. Si., M. Pd.(II) Heru, S.Si., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, 4D, PMRI |
Subjects: | Matematika > Ilmu Ukur (Geometri) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 04 Sep 2019 04:47 |
Last Modified: | 04 Sep 2019 04:47 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4717 |
Actions (login required)
View Item |