LARA SAFITRI, NIM.312015003 (2019) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SI ANAK CAHAYA KARYA TERE LIYE. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312015003_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (913kB) | Preview |
|
Text
312015003_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Safitri, Lara. 2019. Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Si Anak Cahaya Karya Tere Liye. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. H. Haryadi, M.Pd., (II) Supriatini, S.Pd., M.Pd. kata kunci: analisis, nilai-nilai pendidikan karakter, novel Latar belakang pada penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye. Novel ini banyak mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat di implementasikan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di sekolah. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye banyak mengandung nilai pendidikan karakter di antaranya: (1) nilai religius, (2) toleransi, (3) disiplin, (4) kerja keras, (5) mandiri, (6) demokratis, (7) rasa ingin tahu, (8) semangat kebangsaan, (9) cinta tanah air, (10) gemar membaca, (11) peduli sosial, (12) kreatif, dan (13) tanggung jawab. Kesimpulan dari penelitian ini novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye terdapat tiga belas nilai-nilai pendidikan karakter yang digambarkan melalui kehidupan para tokoh, tingkah laku, perkataan, dan karakter yang ada dalam diri para tokoh. Nilai pendidikan karakter yang paling baik dijadikan bahan ajar adalah nilai pendidikan karakter yang hadir melalui para tokoh. Hal tersebut akan memudahkan siswa untuk mengimplementasikan nilai yang terkandung dalam novel sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Saran dari penelitian ini adalah sikap dan perilaku para tokoh dapat dijadikan contoh untuk menanamkan nilai karakter dalam diri anak. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. H. Haryadi, M.Pd. 2. Supriatini, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | analisis, nilai-nilai pendidikan karakter, novel |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 06:52 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 06:52 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4708 |
Actions (login required)
View Item |