PENGEMBANGAN MODUL MATERI PELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DENGAN METODE DISCOVERY UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII

IRENNY SEPTIAH, NIM. 332014019 (2019) PENGEMBANGAN MODUL MATERI PELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DENGAN METODE DISCOVERY UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332014019_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
332014019_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)

Abstract

Kata kunci : pengembangan, modul, sistem persamaan linear dua variabel, discovery. Proses pembelajaran yang efektif dan efisien dapat diwujudkan melalui kegiatan belajar secara mandiri yang dilakukan oleh siswa dengan fasilitas belajar yang baik. Namun pada kenyataannya dalam proses pembelajaran cenderung guru yang aktif tanpa banyak melibatkan siswa, sehingga siswa kurang bisa mengembangkan pengetahuannya sendiri atau belum bisa belajar secara mandiri. Faktor yang menyebabkan siswa belum belajar secara mandiri adalah masih tingginya ketergantungan siswa kepada guru dalam proses pembelajaran, dan kurangnya bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Solusi yang dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam kegiatan pembelajaran agar siswa dapat belajar secara mandiri adalah melakukan pengembangan atau pembuatan bahan ajar yang didesain sendiri oleh guru. Dalam proses pembelajaran siswa akan lebih memahami apabila terlibat secara langsung dalam menemukan konsep yang akan dipelajari. Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul materi pelajaran sistem persamaan linear dua variabel dengan metode pembelajaran discovery untuk siswa sekolah menengah pertama kelas VIII yang valid dan praktis serta serta memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan yang terdiri dari dua tahap yaitu tahap preliminary yang meliputi tahap analisis serta prototyping (pendesainan) dan tahap formative evaluation yang meliputi langkah self evaluation, expert reviews, one-to-one, small group, dan field test. Berdasarkan hasil analisis produk, diperoleh modul yang valid dan praktis. Valid terlihat dari hasil penilaian expert menyatakan baik berdasarkan konstruk (modul materi pelajaran sistem persamaan linear dua variabel sesuai dengan metode pembelajaran discovery), content (isi materi pada modul yang telah dikembangkan sudah sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran yang telah dirumuskan), dan bahasa sudah sesuai dengan kaidah bahasa indonesia yang baku dan sesuai PUEBI. Praktis tergambar dari hasil uji coba small group, dimana siswa dapat menggunakan modul materi pelajaran sistem persamaan linear dua variabel dengan metode pembelajaran discovery dengan mudah. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa diperoleh rata-rata nilai 75 yang berarti hasil belajar siswa tergolong kategori baik, maka dapat disimpulkan bahwa modul telah dikembangkan memiliki efek potensial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. Muslimin Tendri, M.Pd. 2. Amrina Rizta, S.Si. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, modul, sistem persamaan linear dua variabel, discovery
Subjects: Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 03 Aug 2019 05:20
Last Modified: 03 Aug 2019 05:20
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4664

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.