PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI JAMUR KELAS X SMA TARUNA INDOENSIA

ADELINA PRATIWI, NIM 342014056 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI JAMUR KELAS X SMA TARUNA INDOENSIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014056_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342014056_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pratiwi, Adelina. 2019. Pengaruh Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Jamur Kelas X SMA Taruna Indonesia Palembang Sripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unviversitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Drs. Suyud Abadi M.Si., (II) Nita Nuraini, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pedahuluan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi jamur kelas x sma taruna indonesia palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian non equivalent control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 dan XI IPA 2 semester 1 di SMA Taruna Indonesia Palembang tahun ajaran 2018/2019. Cara pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdsarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan nilai tes awal dan tes akhir pada kelas eksperimen menunjukkan t-hitung 0,258> t-tabel (0,05) sementara nilai signifikannya adalah 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh yang sangat signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan deskripsi data hasil penelitian, kelompok siswa yang mengikuti pelajaran dengan Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional hal ini dilihat dari rata-rata skor hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. Suyud Abadi, M.Si 2. Nita Nuraini, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa
Subjects: Biologi > Botani
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:58
Last Modified: 01 Aug 2019 00:32
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4657

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.