PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN BERBANTUAN OUT DOOR ACTIVITIES PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

SITI FATIMAH, NIM. 342014042 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN BERBANTUAN OUT DOOR ACTIVITIES PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014042_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (891kB) | Preview
[img] Text
342014042_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)

Abstract

Kata Kunci: Group Investigation, Out Door Activities, Hasil Belajar. Proses pembelajaran berlangsung dengan adanya interaksi antar siswa dengan lingkungan belajarnya yaitu guru, media pembelajaran, model pembelajaran, sumber-sumber belajar dan teman-temannya. Setelah komponen pembelajaran tersebut diimplementasikan maka akan menghasilkan suatu hasil belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah penggunaan model pembelajaran. Model pembelajaran Group Investigation merupakan salah satu model pembelajaran yang inovatif karena secara keseluruhan melibatkan keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran. Adanya bantuan Out Door Activities dapat membantu siswa memanfaatkan sumber-sumber belajar yang berasal dari lingkungan sekitar dan wahana belajar menjadi lebih luas. (1) Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranGroup Investigation dengan berbantuan Out Door Activities Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. (2) Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperimental. (3) Model pembelajaran Group Investigation dengan berbantuan Out Door Activitiessebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. (4) Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA tahun ajaran 2018/2019, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 (kontrol) dan X MIPA 3 (eksperimen). (5) Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada kelas X MIPA 3 dapat dilihat dari rata-rata tes awal mencapai 45,73 dan tes akhir mencapai 81,25 dan jika dilihat dari hasil uji t data tidak berpasangan (IndependentSample t Test) nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak artinya model pembelajaran Group Investigation dengan berbantuan Out Door Activitiesberpengaruh nyata terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA 3 pada materi keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. Suyud Abadi, M.Si., 2. Ade Kartika, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Out Door Activities, Hasil Belajar.
Subjects: Biologi
Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 25 Jul 2019 05:28
Last Modified: 25 Jul 2019 05:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4649

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.