ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATERI BERMUATAN SAINS BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI KOTA PALEMBANG

MAULINA DESTIA, NIM. 342014045 (2019) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATERI BERMUATAN SAINS BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014045_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342014045_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)

Abstract

Destia, Maulina. 2019. Analisis Proses Pembelajaran Tematik pada Materi Bermuatan Sains Berbasis Kurikulum 2013 di SD Negeri Kota Palembang. Skripsi. Program Studi Biologi, Program (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (1) Dr. Yetty Hastiana, M.Si. dan (2) Binar Azwar Anas Harfian, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Pembelajaran Tematik, Materi Bermuatan Sains, Kurikulum 2013 Kualitas pendidikan merupakan masalah yang harus selalu untuk diperbaiki. Dimana pada pembelajaran tematik menggabungkan dari beberapa mata pelajaran menjadi satu mata pelajaran oleh karena itu siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung serta menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses pembelajaran tematik pada materi bermuatan sains berbasis kurikulum 2013 di SD Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru tematik dan peserta didik kelas V dan VI yang ada di SD Kota Palembang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik bermuatan sains berbasis kurikulum 2013 di SD Negeri Kota Palembang berdasarkan indikator angket guru dan peserta didik pada alokasi waktu dengan keterangan sangat baik, indikator pengelolaan kelas terlaksana dengan sangat baik, indikator kegiatan awal terlaksana dengan sangat baik, indikator kegiatan inti terlaksana dengan baik, dan indikator kegiatan penutup terlaksana dengan sangat baik. Adapun kesimpulan pada proses pembelajaran tematik guru mengalami kesulitan dalam menjabarkan kompetensi dan kompetensi dasar dalam indikator, guru kesulitan dalam mengembangkan suatu tema, dan guru juga masih kesulitan untuk menerapkan model pembelajaran pada setiap pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing (1) Dr. Yetty Hastiana, M.Si. dan (2) Binar Azwar Anas Harfian, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Materi Bermuatan Sains, Kurikulum 2013
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 23 Jul 2019 03:40
Last Modified: 23 Jul 2019 03:40
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4641

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.