UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PROTISTA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SEKAYU

EKA LOKITASWARA, NIM. 93217004 (2019) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PROTISTA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SEKAYU. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
93217004_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text
93217004_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)

Abstract

Hasil observasi pratindakan yang peneliti peroleh terhadap motivasi belajar selama proses pembelajaran dan rata-rata nilai ulangan harian siswa pada materi protista tahun ajaran 2017/2018 tergolong rendah. Berdasarkan temuan yang peneliti peroleh pada tahap observasi pratindakan tersebut, peneliti mengupayakan tindakan perbaikan dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Adapun permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah apakah model PBL dapat meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi Protista di kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sekayu. Tujuan penelitian adalah untuk memperbaiki motivasi belajar dan penguasaan konsep pada materi Protista di kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sekayu. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Tahapan yang dilaksanakan dalam penelitian meliputi (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan; (3) Pengamatan; (4) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sekayu yang berjumlah 13 siswa, terdiri dari 6 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Capaian indikator keberhasilan penelitian adalah perolehan nilai hasil tes penguasaan konsep secara klasikal 75%. Motivasi siswa secara klasikal untuk setiap siklus yaitu 75,00% pada siklus pertama, 78,13% pada siklus kedua, dan 81,60% pada siklus ketiga yang semuanya termasuk ke dalam kategorisasi baik. Hasil penguasaan konsep siswa secara klasikal yaitu 0% pada siklus pertama, 30% pada siklus kedua, dan 75% pada siklus ketiga. Dengan demikian dapat disimpulkan adanya penerapan model PBL dapat meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi Protista di kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sekayu. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Penguasaan Konsep, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Saleh Hidayat, M.Si. 2. Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Penguasaan Konsep, Problem Based Learning
Subjects: Biologi
Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Divisions: PPS Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 13 Apr 2019 03:27
Last Modified: 13 Apr 2019 03:27
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4325

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.