PESAN DAKWAH DALAM FILM “ADA SURGA DI RUMAHMU” (Analisis Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Palembang)

HAMBALI, NIM. 612015128 (2019) PESAN DAKWAH DALAM FILM “ADA SURGA DI RUMAHMU” (Analisis Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Palembang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612015128_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612015128_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan analisis persepsi, yaitu dimana penelitian yang terpaku pada audien (audiens research). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Persepsi Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Palembang, Tentang Pesan Dakwah Dalam Film “Ada Surga Di Rumahmu”. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Palembang, Tentang Pesan Dakwah Dalam Film “Ada Surga Di Rumahmu”. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan mengunakan metode deskriptif dengan pendekatan analisis Persepsi. Penggunaan analisis Persepsi ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Palembang tentang pesan dakwah yang terkandung dalam film “Ada Surga di Rumahmu”. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 mahasiswa di Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Palembang yang mengikuti Pengkaderan Darul Arqom Dasar’ dan objek dalam penelitian ini adalah film “Ada Surga di Rumahmu”. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, peneliti menemukan tiga pesan dakwah yang terkandung dalam film “Ada Surga di Rumahmu”, pesan dakwah dalam akidah (keimanan), syariah (keislaman), dan pesan dakwah dalam aspek akhlak. Kemudian ada 40 scene yang mengandung beberapa pesan-pesan dakwah. Dalam pesan dakwah aspek akidah peneliti menemukan 2 scene, kemudian 2 scene dalam aspek syariah, dan didominasi oleh pesan dakwah dalam aspek akhlak yaitu 36 scene. Selanjutnya, hasil yang didapat terkait tanggapan para informan dengan mengacu pada teori Stuart Hall dalam melakukan decoding terhadap pesan media melalui tiga posisi, peneliti menemukan informan berbeda-beda dalam mepersepsikan makna yang terkandung dalam film “Ada Surga di Rumahmu”. Pertama, Untuk posisi hegemoni dominan, terdapat lima informan yang berada pada posisi ini, yang artinya informan pada posisi ini memiliki pemahaman yang sejalan dan menyetujui dengan apa yang disampaikan dalam film “Ada Surga di Rumahmu”. Pada posisi negosiasi hanya ada satu informan yang menerima sebagian pesan yang disampaikan dalam film “Ada Surga di Rumahmu” pada adegan-adegan tertentu sesuai dengan pandangannya berdasarkan pengalaman yang di alaminya. Sementara untuk posisi oposisi tidak ada informan yang melawan atau mengkritisi apa yang disampaikan dalam adegan-adegan yang di gambarkan dalam film “Ada Surga di Rumahmu”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dra. Yuslaini, M.Pd 2. Ayu Munawaroh, S.Ag, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Ada Surga di Rumahmu
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 11 Apr 2019 06:30
Last Modified: 11 May 2019 01:21
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4308

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.