PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 1 AIR SUGIHAN

INTAN IMARIANA, NIM. 342014046 (2019) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 1 AIR SUGIHAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014046_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (818kB) | Preview
[img] Text
342014046_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)

Abstract

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Siswa SMA. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu bagian dari keterampilan yang dituntut pada abad ke-21. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kecakapan hidup yang perlu dikembangkan melalui proses pendidikan. Keterampilan berpikir kritis sangat penting untuk membekali siswa bersaing di dunia global. Namun berdasarkan rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Air Sugihan masih tergolong rendah dengan jumlah nilai 52. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang dimiliki siswa dalam proses intelektualnya yang terorganisasi dan memungkinkan siswa dalam mempelajari masalah secara sistematis, menghadapi tantangan secara terorganisasi, merumuskan pertanyaan inovatif, serta merancang solusi dengan penalaran secara logis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri 1 Air Sugihan tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian yang digunakan kelas XI MIPA 2 dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan soal tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif menggunakan SPSS versi 23.0 dan Microsoft Excel. Dari hasil tes soal kemampuan berpikir kritis diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Air Sugihan indikator Interpretasi berkategori kurang kritis 50%, indikator Analisis berkategori kritis 54%, indikator Evaluasi berkategori kurang kritis 40%, indikator Kesimpulan berkategori tidak kritis 15%, indikator Penjelasan berkategori kritis 56%, dan indikator Pengaturan Diri berkategori kritis 57%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Suyud Abadi, M.Si. 2. Ade Kartika, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Siswa SMA.
Subjects: Biologi
Administrasi Pendidikan > Pendidikan
Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Administrasi Pendidikan > Siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Apr 2019 04:35
Last Modified: 11 Apr 2019 04:35
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4305

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.