Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di MTS Muhammadiyah Sri Kembang

Eliza Marsela, NIM. 342014095 (2019) Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di MTS Muhammadiyah Sri Kembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014095_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (840kB) | Preview
[img] Text
342014095_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)

Abstract

Kata Kunci: Kemampuan, Berpikir Kritis, Siswa MTS Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu skill kemampuan yang dituntut pada abad 21. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kecakapan hidup yang perlu dikembangkan melalui proses Pendidikan. Kemampuan berpikir kritis sangat penting untuk membekali siswa bersaing di dunia global. Bersadarkan rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa di MTS Muhammadiyah Sri Kembang termasuk kategori sedang dengan persentase 76.5%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di MTS Muhammadiyah Sri Kembang. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTS Muhammadiyah Palembang yang terdiri dari atas dua kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu kelas VIII A sebanyak 26 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis berupa soal essay sebanyak 16 soal. Teknik analisis data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif menggunakan SPSS versi 23.0 dan Microsoft Excel. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII A pada materi sistem pencernaan dan struktur tumbuhan di MTS Muhammadiyah Sri Kembang indikator Interpretasi dengan persentase 60%, indikator Analisis dengan persentase 49%, indikator Evaluasi dengan persentase 43%, indikator Kesimpulan dengan persentase 44%, indikator Penjelasan dengan persentase 42%, dan indikator Pengendalian diri dengan persentase 40%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. Nizkon, M.Si 2. Sapta Handaiyani, S.Pd., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Berpikir Kritis, Siswa MTS
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 08 Apr 2019 02:44
Last Modified: 15 Aug 2019 05:56
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4216

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.