YUNI MULIYA, NIM. 642015030 (2019) KINERJA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KOTA PALEMBANG (Studi Kasus Pada BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
642015030_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
642015030_BAB II_SAMPAI_ BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
Abstract
Kinerja adalah suatu hasil kerja perorangan atau lembaga. Salah satu wujud profesionalitas yang akan mewujudkan kinerja yang maksimal adalah manajemen yang sehat dalam segala hal, baik sumber daya manusia, perencanaan strategi, oprasional maupun keuangan. Lembaga amil zakat yang merupakan swadaya masyarakat yang didirikan sebagai meditor bagi muzakki dalam penghimpunan serta penyaliran dana ZIS untuk pemberdayaan musthaik dituntut agar dapat melaksanakan tugasnya dengan amanah dan tanggungjawab. Kesejahteraan masyarakat menentukan ukuran hasil pembangunan masyarakat dalam mencapai kehidupan yang lebih baik yang meliputi : pertama, peningkatan kemampuan dan pemerataan distribusi kebutuhan dasar seperti makanan, perumahan, kesehatan dan perlindungan kedua, peningkatan tingkat kehidupan, tingkat kehidupan, tingkat budaya dan nilai-nilai kemanusiaan ketiga, memperluas skala ekonomi dan ketersediaan pilihan sosial dari individu dan bangsa. Kesejahteraan masyarakat adalah kondisi dimana terpenuhinya kebutuhan dasar yang tercermin dari rumah yang layak, tercukupinya kebutuhan sadang dan pangan, biaya pendidikan dan kesehatan yang murah dan berkualitas atau kondisi dimana setiap individu mampu memaksimalkan utilitasnya pada tingkat batas anggaran tertentu dan kondisi dimana tercukupinya kebutuhan jasmani dan rohani. Zakat secara harifah mempunyai makna pensucian, pertumbuhan dan berkah. Menurut istilah zakat berarti kewajiban seorang muslim untuk mengeluarkan nilai bersih dari kekayannya yang tidak melebihi satu nisab, diberikan kepada mustahik dengan beberapa syarat yang yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kinerja Baznas Provinsi terhadap kesejahteraan masyarakat di kota Palembang (2) untuk mengetahui pengelolaan Baznas Provinsi terhadap kesejahteraan masyarakat di kota Palembang (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Baznas Provinsi terhadap Kesejahteraan masyarakat di kota Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, adapun data penulis lakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, observasi dan studi kepustakaan. Data yang dikumpulkan tersebut dari data primer yaitu data yang penulis peroleh secara langsung dari proses wawancara dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku bacaan yang mempunyai hubungan dengan masalah yang diteliti. Kinerja Baznas Sumatera Selatan belum sepenuhnya berjalan secara optimal dalam penghimpun dana zakat masih banyak sekali hambatan-hambatan yang dirasakan oleh pihak Baznas akan tetapi disamping itu Baznas berusaha bekerja seoptimal mungkin untuk meningkatkan dalam pengumpulan dana zakat ini Kata Kunci : Kinerja, kesejahteraan masyarakat dan zakat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing, 1. Rijalush Shalihin, S.E., M.H.I 2. Hendri Nur Alam, S.E., M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Kinerja, kesejahteraan masyarakat dan zakat |
Subjects: | Hukum Islam Ekonomi Syariah > Sistem Ekonomi Islam Masyarakat Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 02 Apr 2019 02:31 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 02:31 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4135 |
Actions (login required)
View Item |