PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SERAPEK KECAMATAN TELUK GELAM KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

VINI VIRANIKA, NIM. 622015007 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SERAPEK KECAMATAN TELUK GELAM KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622015007_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622015007_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Minat belajar penting dalam proses pembelajaran karena tanpa adanya minat siswa maka pembelajaran tidak dapat diterima oleh siswa itu sendiri. Tidak ada minat dari seseorang siswa atau anak terhadap pelajaran akan timbul kesulitan belajar. Ada tidak nya minat terhadap sesuatu pelajaran dapat dilihat dari cara anak mengikuti pelajaran, lengkap tidak nya catatan, memperhatikan pelajaran atau tidak. Adapun yang menjadi Rumusan Masalah adalah sebagai berikut, Pertama “bagaimana minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum diterapkan model pembelajaran make a match di Sekolah Dasar Negeri 1 Serapek? Kedua bagaimana penerapan model pembelajaran make a match di Sekolah Dasar Negeri 1 Serapek? Ketiga bagaimana minat belajar siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah diterapkan model pembelajaran make a match?” Tujuan Peneliti ini adalah pertama untuk mengetahui minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum diterapkan model pembelajaran make a match di Sekolah Dasar Negeri 1 Serapek, Kedua untuk mengetahui penerapan model pembelajaran make a match. Dan yang ketiga untuk mengetahui minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah diterapkan model pembelajaran make a match. Jenis peneliti ini menggunakan Penrliti eksperimen adalah merupakan metode sistematis guna membangun hubungan yang mengandung fenomena sebab akibat. Peneliti eksperimen merupakan metode inti dari model penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam metode eksperimen, peneliti harus melakukan tiga persyaratan yaitu kegiatan mengontrol, kegiatan memanipulasi, dan observasi. Hasil penelitian adalah yaitu terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran pendidikan agama islam di sekolah dasar negeri 1 serapek, hal ini dapat dilihat dari perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t dengan df 8 kita berkonsultasi pada tabel nilai t pada tarap signifikasi 5% dan 1%, pada taraf 5% = 2,31, pada taraf 1%= 3,36. Dengan membandingkan besarnya “t” yang kita peroleh dalam hitungan to = 5,1415 dan besarnya “t” yang tercantum dalam tabel nilai “t” (tt5%=2,31 dan tt 1%=3,36), maka dapat kita ketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt yaitu : 2,31 < 5,1417 > 3,36 Karena to lebih besar dari pada tt maka hipotesis nihil yang akan diajukan ditolak, ini berarti bahwa adanya perbedaan skor antara sebelum dan sesudah diterapkannya model make a match merupakan perbedaan yang signifikan. Kata Kunci: Minat Belajar, Model Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dra. Yuslaini, M.Pd. 2. Dra. Ani Aryati, S.Ag., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Model Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 29 Mar 2019 03:19
Last Modified: 29 Mar 2019 03:19
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4037

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.