dampak lingkungan sekolah terhadap akhlak berbicara siswa di sd n 03 sungsang

KIKI HAPITRIA NINGSIH, NIM. 622015030 (2019) dampak lingkungan sekolah terhadap akhlak berbicara siswa di sd n 03 sungsang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622015030_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
622015030_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lingkungan sekolah merupakan hal yang penting dalam membentuk akhlak berbicara siswa karena lingkungan sekolah merupakan tempat bagi siswa untuk belajar bersama temantemannya secara terarah guna menerima transfer pengetahuan dari guru yang didalamnya mencakup keadaan sekitar suasana sekolah, relasi siswa dengan teman-temannya, relasi siswa dengan guru dan dengan staf sekolah, kualitas guru dan metode mengajarnya, keadaan gedung, masyarakat sekolah, tata tertib, fasilitas-fasilitas sekolah, dan sarana prasarana sekolah. Berkaitan dengan latar belakang tersebut penulis tertarik mengambil judul Dampak Lingkungan Sekolah Terhadap Akhlak Berbicara Siswa SDN 03 Sungsang. Adapun permasalahannya dalam skripsi ini yaitu bagaimana lingkungan sekolah di SD N 03 Sungsang.? Bagaimana akhlak berbicara siswa di SD N 03 Sungsang? Dan Apakah ada dampak lingkungan sekolah terhadap akhlak berbicara siswa di SD N 03 Sungsang. Sedangkan jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif dan dikuantitatifkan. Deskritif kuantitatif merupakan suatu analisa untuk menggambarkan data yang di dapatkan dari responden setelah penyebaran angket, kemudian menyusun secara statistik berupa angkaangkanya dan tabel, penyekoran dalam mengkualifikasikan data penelitian. Sedangkan deskriftif kualitatif merupakan suatu analisa untuk menggambarkan data secara pemahaman terhadap hasil data-data yang bersumber dari dokumentasi, kepustakaan, majalah-majalah kemudian dikategorikan untuk di ambil sebuah pemahaman. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda terdapat persamaan Y= 1,867 + 0,448X bernilai positif dan pada uji t didapat thitung (2,884) > ttabel (1,682), maka dapat disimpulkan Ho ditolak Ha diterima artinya bahwa lingkungan sekolah secara parsial berpengaruh terhadap akhlak berbicara siswa. Artinya ada pengaruh lingkungan sekolah dalam membentuk akhlak berbicara siswa dalam kesehariannya. Dan berdasarkan hasil uji t (parsial) dapat diinteprestasikan bahwa: lingkungan sekolah mempunyai hubungan positif atau searah, hal ini berarti bila lingkungan sekolah ditingkatkan menjadi lebih baik, maka akhlak berbicara siswa juga meningkat ke arah lebih baik. Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Akhlak Berbicara Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. Abu Hanifah, M.Hum 2. Yahya, Lc., M.PI
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sekolah, Akhlak Berbicara Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Disipilin Sekolah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 28 Mar 2019 03:38
Last Modified: 28 Mar 2019 03:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3993

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.