PENGARUH MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ TERHADAP MORAL KEAGAMAAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

febriansyah, NIM.622015004 (2019) PENGARUH MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ TERHADAP MORAL KEAGAMAAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622015004_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (794kB) | Preview
[img] Text
622015004_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Aqidah Akhlaq adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami,menghayati dan mengimani Allah AWT dan meralalisasikannya dalam perilaku akhlaq mulia dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan Al-Qur‟an dan Al-Hadits melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan serta penggunaan pengalaman.Dibarengi tuntunan untuk menghormati pendidikan penganut agama lain dan hubungannya dengan kerukunan atara umat beragama dalam masyarakat hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa. Adapun permasalahannya dalam skripsi ini yaitu bagaimana proses pembelajaran aqidah akhlaq? Bagaimana moral keagamaan siswa di SMK Muhammadiyah 2 Palembang? Dan proses pembelajaran aqidah-akhlaq dapat berpengaruh terhadap moral keagamaan di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Sedangkan jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kuantitati. Deskritif kuantitatif merupakan suatu analisa untuk menggambarkan data yang di dapatkan dari responden setelah penyebaran angket,kemudian menyusun secara statistik berupah ngka-ngkanya dan tabel, penyekoran dalam mengkualifikasikan data penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa X AKL II dan X TKJ III sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 orang siswa. Data dianalisa dengan statistik, yaitu Maen, Standar Deviasi, TSR dan untuk menganalisa hasil penelitian tersebut menggunakan Product moment. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Berdasarkan hasil uji rxy adalah 0,01. Selanjutnya hasil rxy tersebut dikonsultasikan dengan rtabel dengan taraf signifikan 5% dan jumlah N = 66 sebesar 0,250. Dari hasil penelitian yang didapat maka diketahui bahwa rxy < rtabel. Dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi kesimpulan dari hasil penelitian menyataka bahwa tidak ada pengaruh signifikan antara mata pelajaran aqidah akhlaq terhadap moral keagamaan siswa kelas X AKL II dan X TKJ III pada mata pelajaran aqidah akhlaq terhadap moral keagamaan siswa di SMK Muhammadiyah 2 Palembang Tahun ajaran 2018/2019. Hal ini menunjukkan mata pelajaran aqidah akhlaq tidak efektif dalam meningkatkan moral keagamaan siswa. Kata Kunci : Aqidah Akhlaq dan Moral Keagamaan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing:1.Dr.Yusron,S.A.M.Pd.I Pembimbing:2.Sayyid Habiburrahman,S.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Aqidah Akhlaq dan Moral Keagamaan Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 25 Mar 2019 04:28
Last Modified: 25 Mar 2019 04:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3873

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.