KOLERASI ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 TERUSAN JAWA KECAMATAN JEJAWI OGAN KOMERING ILIR

Ida Rosa, 622015044 (2019) KOLERASI ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 TERUSAN JAWA KECAMATAN JEJAWI OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622015044_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA_PDF.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text
622015044_BAB II_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)

Abstract

ABSTRAK KORELASI ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 TERUSAN JAWA KECAMATAN JEJAWI OKI Oleh : Ida Rosa Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, aspek utama yang ditentukan adalah kualitas guru. Untuk itu, upaya awal yang dilakukan adalah meningkatkan kualitas guru. Kualifikasi pendidikan guru sesuai dengan persyaratan minimal yang ditentukan oleh syarat-syarat seorang guru yang berkualitas, berkompetensi, dan guru yang dapat meningkatkan prestasi belajar serta mampu mempengaruhi proses belajar mengajar siswa yang nantinya akan menghasilkan prestasi belajar siswa yang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu sebuah metode yang memberikan gambaran terhadap suatu objek dan hubungan-hubunganya melalui teknik analisis statistik. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Kemudian yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yaitu 131 orang, adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 23 orang dan kelas V yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus TSR. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa Kompetensi Pedagogik Guru tergolong sedang terlihat dari presentase, skor sedang lebih dominan dibandingkan skor tinggi dan rendah, terdapat 3 ( 7,5% ) responden termasuk kategori tinggi, 26 ( 65% ) responden termasuk kategori sedang, 11 ( 27% ) responden kategori kategori rendah, hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa tergolong baik, dari presentase siswa yang memperoleh nilai tinggi dengan skor 75 ke atas ada 19 siswa, yang memperoleh nilai sedang dengan skor 69 sampai 75 ada 12 siswa, dan yang memperoleh nilai rendah dengan skor 69 kebawah ada 9 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan dengan rumus korelasi product moment ternyata rhitung lebih besar dari pada rtabel dengan df 40 pada taraf signifikasi 1% nilai rtabel = 0,393 dan pada taraf signifikasi 5% nilai rtabel = 0,304 atau ( 0,393 < 0,819 > 0,304 ). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat korelasi yang fositif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD Negeri 1 Terusan Jawa Kecamatan Jejawi Ogan Komering Ilir. Kata kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Hasil belajar, PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dra. Yuslaini, M.Pd 2.Rulitawatui, S.Ag,.M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Hasil belajar, PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:43
Last Modified: 05 Aug 2019 05:57
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3733

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.