MIFTAHA, 622015015 (2019) penerapan model pembelajaran talking stick terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN 2 Ulak Kemang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622015015_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA_PDF.pdf Download (414kB) | Preview |
|
Text
622015015_BAB II_SAMPAI_TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (875kB) |
Abstract
ABSTRAK Dalam proses pembelajaran model mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya mencapai tujuan, karena itu model merupakan salah satu jalan yang ditempuh untuk menyajikan suatu pembelajaran sehingga tercapai suatu tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien sesuai dengan apa yang di harapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penerapan model pembelajaran talking stick dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di SDN 2 Ulak-kemang, bagaimana keaktifan belajar siswa sebelum diterapkan model talking stick dan bagaimana keaktifan belajar siswa setelah diterapkan model talking stick. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksprimen yaitu membandingkan dengan keadaan sebelum dan setelah digunakan. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Kemudian yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yaitu 247orang, adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.B yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes skala likert, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu penerapan model talking stick dari hasil wawancara dengan guru mengatakan bahwa penerapan model talking stick sangat baik dan dianggap berdampak fositif terhadap keaktifan belajar siswa. Analisis penerapan model talking stick dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, karena berdasarkan perbandingan nilai”t” yang terdapat pada to adalah jauh lebih besardari tt, baik pada taraf signifikasi 5% maupun pada taraf signifikasi 1% ( 2,09 < 2,942 > 2,84 ). Kesimpulan dari hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa penerapan model talking stick pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Kata kunci: penerapan model talking stick, keaktifan belajar, PAI
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dra. Yuslaini, M.Pd 2. Karliana Indrawari, S.Pd.I.,M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | penerapan model talking stick, keaktifan belajar, PAI |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 21 Mar 2019 06:57 |
Last Modified: | 21 Mar 2019 06:57 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3695 |
Actions (login required)
View Item |