PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DAN JIGSAW DENGAN BANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI INVERTEBRATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PALEMBANG

YUYUN SUKMA ARITA, NIM. 342012068 (2018) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DAN JIGSAW DENGAN BANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI INVERTEBRATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342012068_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text
342012068_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)

Abstract

ABSTRAK Arita, S. Yuyun. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Small Group Discussion dan Jigsaw dengan Bantuan Media Audio Visual pada Materi Invertebrata Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Unggul Negeri 4 Palembang, Program Sarjana (SI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Drs. Saleh Hidayat, M.Si., (II) Drs. Nizkon, M,Si. Kata Kunci: Penerapan, Model Pembelajaran, Small Group Discussion, Jigsaw, Media Audio Visual, Invertebrata, Hasil Belajar. Keberhasilan seorang siswa dalam suatu pembelajaran tidak hanya dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan dan kesiapan dalam menerima materi pembelajaran, tetapi dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Salah satu adalah mutu pengajaran guru dengan menggunakan beragam, metode, model, pendekatan, atau strategi pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan dan tetap semangat untuk belajar sehingga hasil belajar yang dicapai maksimal, siswa yang diajar menggunakan berbagai macam metode tentu akan mendapatkan nilai yang baik. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Small Group Discussion dengan model pembelajaran Jigsaw berbantuan media audio visual pada siswa kelas X semester II SMAN 4 Palembang pokok bahasan Invertebrata?;Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Small Group Discussion dengan model pembelajaran Jigsaw berbantuan media audio visual pada siswa kelas X semester II SMAN 4 pokok bahasan Invertebrata. Manfaat dalam penelitian adalah: (1) Bagi Siswa, dapat meningkatkan motivasi belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. (2) Bagi Guru, dapat menjadi sumber informasi dan sumbangan pemikiran dalam menerapkan model pembelajaran untuk meningktkan dan mengembangkan mutu kegiatan belajar mengajar. (3) Bagi Peneliti, dapat menambah pengetahuan mengenai model pembelajaran Small Group Discussion dan model pembelajaran Jigsaw sehingga dikemudian hari dapat diterapkan ketika mengajar di kelas. (4) bagi Sekolah, dapat mejadi sumbangsih dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan dan mneingkatkan mutu pendidikan di SMAN 4 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Saleh Hidayat, M,.Si 2. Drs. Nizkon, M.Si
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Model Pembelajaran, Small Group Discussion, Jigsaw, Media Audio Visual, Invertebrata, Hasil Belajar
Subjects: Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 21 Mar 2019 02:06
Last Modified: 21 Mar 2019 02:06
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3655

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.