UPAYA PENYELESAIAN KASUS TUNGGAKAN PINJAMAN NASABAH OLEH KOPERASI SIMPAN PINJAM AL-BAROQAH DI KECAMATAN TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN

Dandi Dwi Saputra, NIM : 502021054 (2025) UPAYA PENYELESAIAN KASUS TUNGGAKAN PINJAMAN NASABAH OLEH KOPERASI SIMPAN PINJAM AL-BAROQAH DI KECAMATAN TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Fakultas Hukum.

[img] Text
502021054_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
502021054_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
502021054_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
502021054_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
502021054_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
502021054_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502021054_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA PENYELESAIAN KASUS TUNGGAKAN PINJAMAN NASABAH OLEH KOPERASI SIMPAN PINJAM AL-BAROQAH DI KECAMATAN TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN DANDI DWI SAPUTRA Koperasi sebagai lembaga keuangan non-bank memiliki peran strategis dalam menyediakan akses permodalan bagi masyarakat, khususnya pelaku usaha kecil dan menengah. Namun, dalam praktiknya sering terjadi permasalahan tunggakan pinjaman yang dapat mengganggu stabilitas keuangan koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya hukum yang dilakukan Koperasi Simpan Pinjam Al-Baroqah di Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin dalam menangani nasabah yang melakukan tunggakan pinjaman serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya tunggakan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan sifat deskriptif. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pengurus dan staf koperasi, sedangkan data sekunder berasal dari peraturan perundang-undangan, literatur, dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi pustaka, sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelesaian tunggakan pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam Al-Baroqah dilakukan melalui dua jalur, yaitu non-litigasi dan litigasi. Jalur non-litigasi menjadi prioritas, meliputi pemberian surat peringatan, negosiasi, mediasi, hingga restrukturisasi pinjaman. Jalur litigasi ditempuh sebagai langkah terakhir apabila seluruh upaya non-litigasi tidak berhasil. Faktor- faktor penyebab tunggakan antara lain ketidakstabilan pendapatan nasabah, rendahnya literasi keuangan, penggunaan dana pinjaman untuk kebutuhan konsumtif, adanya keadaan darurat seperti sakit atau musibah, serta kurangnya edukasi dan pengawasan dari pihak koperasi. Penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan edukasi literasi keuangan anggota, penguatan sistem pengawasan dan penagihan, evaluasi peraturan internal koperasi, penerapan mekanisme restrukturisasi pinjaman, pemanfaatan teknologi informasi, dan penguatan kerja sama dengan pihak eksternal. Upaya-upaya ini diharapkan dapat meminimalisir risiko tunggakan pinjaman dan menjaga keberlangsungan usaha koperasi. Kata Kunci: Koperasi, Tunggakan Pinjaman, Penyelesaian Sengketa, Non- Litigasi, Litigasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Mulyadi Tanzili, S.H., M.H, 2. HJ. Yonani, S.H., M.H.,
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Koperasi, Tunggakan Pinjaman, Penyelesaian Sengketa, Non- Litigasi, Litigasi.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 18 Dec 2025 06:14
Last Modified: 18 Dec 2025 06:14
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/34263

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.