AGUS FITRIANI, NIM : 91222063 (2025) PERRLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE PADA APLIKASI LAZADA SECARA ONLINE DI INDONESIA (STUDI PUTUSAN NOMOR 588/PDT.G/2020/PN JKT.BRT). Masters thesis, Fakultas Hukum.
|
Text
91222063_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
91222063_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
|
Text
91222063_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
||
|
Text
91222063_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
|
Text
91222063_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
|
Text
91222063_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
91222063_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE PADA APLIKASI LAZADA SECARA ONLINE DI INDONESIA (STUDI PUTUSAN NOMOR 588/PDT.G/2020/PN JKT.BRT) AGUS FITRIANI Perkembangan e-commerce menjadi sangat populer di Indonesia dengan banyak menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi. Namun karena kemudahan tersebut konsumen menghadapi berbagai risiko seperti penipuan, produk tidak sesuai deskripsi, dan pelanggaran privasi. Oleh karena itu perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi e-commerce pada aplikasi lazada secara online di Indonesia sangatlah penting untuk dilakukan kajian khususnya (studi kasus putusan nomor 588/pdt.g/2020/pn jkt.brt). Oleh karena itu, yang menjadi permasalahan tesis ini (1) bagaimanakah bentuk perlindungan hukum konsumen dalam transaksi e-commerce di Indonesia, khususnya terhadap penolakan gugatan akibat kelalaian konsumen dalam mengamankan kode OTP pada kasus lazada (putusan nomor 588/pdt.g/2020/pn jkt.brt). (2) apakah bentuk pertimbangan hukum majelis hakim dalam kasus transaksi e-commerce akibat kelalaian konsumen dalam mengamankan kode otp pada kasus lazada (putusan nomor 588/pdt.g/2020/pn jkt.brt). Tesis ini menggunakan metode pendekatan normatif. Berdasarkan penelitian yang telah di lakukan maka diperoleh hasil kesimpulan sebagai berikut: (1) berdasarkan Undang-undang perlindungan konsumen dan perlindungan data pribadi, sangat penting untuk memastikan hak-hak konsumen terjaga, mulai dari hak memperoleh barang yang sesuai hingga hak atas privasi data pribadi. (2) kompensasi atas kerugian materil seperti uang yang dalam transaksi diberikan, namun tetapi kompensasi non-materil seperti stress emosional atau kerusakan reputasi tidak di berikan karena tidak memenuhi kreteria hukum tersebut. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen Dalam transaksi E-Commerce
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing 1. Prof. Dr. Holijah SH,MH., 2. DR. H. KN Sofyan Hasan, S.H.,M.H. |
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Perlindungan Konsumen Dalam transaksi E-Commerce |
| Subjects: | Ilmu Hukum > Hukum Perdata |
| Divisions: | Program Pasca Sarjana > Hukum (S2) |
| Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Hukum |
| Date Deposited: | 29 Nov 2025 03:26 |
| Last Modified: | 29 Nov 2025 03:26 |
| URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/34200 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
