Julia Afifah, NIM. 93221011 (2025) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BIOLOGI TERINTEGRASI AYAT AL-QUR’AN BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP SPIRITUAL PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
93221011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (690kB) | Preview |
|
|
Text
93221011_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
||
|
Text
93221011_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
||
|
Text
93221011_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) |
||
|
Text
93221011_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
|
Text
93221011_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
93221011_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN_.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pengembangan Modul Terintegrasi Al-Qur’an Berbasis Project-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Spiritual Peserta Didik pada Materi Ekosistem Julia Afifah Julia A. 2025. Pengembangan Modul Terintegrasi Al-Qur’an Berbasis Project- Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Spiritual Peserta Didik pada Materi Ekosistem. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I): Dr. Sri Wardhani, M.Si., (II) Dr. Meli Astriani, M.Si. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik Biologi terintegrasi Al-Qur’an berbasis Project-Based Learning (PjBL) guna meningkatkan hasil belajar dan sikap spiritual peserta didik pada materi ekosistem di SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan sikap spiritual peserta didik, serta belum tersedianya bahan ajar yang terintegrasi nilai-nilai Islam dan berbasis model pembelajaran yang kontekstual. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang diadaptasi dari Thiagarajan. Produk yang dikembangkan berupa modul elektronik interaktif yang memadukan materi ekosistem dengan ayat-ayat Al-Qur’an serta dirancang berdasarkan sintaks PjBL. Modul divalidasi oleh ahli materi, ahli desain, dan ahli integrasi Al-Qur’an, serta diuji kepraktisan dan efektivitasnya melalui uji coba terbatas di kelas X. Data dikumpulkan menggunakan angket validasi, angket kepraktisan, dan instrumen tes hasil belajar serta angket sikap spiritual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Validitas modul memperoleh kategori sangat valid dengan rata-rata skor tinggi dari para ahli. Kepraktisan modul dinilai sangat praktis oleh guru dan peserta didik. Efektivitas modul ditunjukkan melalui peningkatan hasil belajar peserta didik dan perbaikan sikap spiritual setelah penggunaan modul dalam pembelajaran. Dengan demikian, modul elektronik Biologi terintegrasi Al-Qur’an berbasis PjBL ini layak digunakan sebagai bahan ajar inovatif di Sekolah Islam terpadu. Kata Kunci: Modul elektronik, Al-Qur’an, Project-Based Learning, hasil belajar, sikap spiritual, Ekosistem.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing (I): Dr. Sri Wardhani, M.Si., (II) Dr. Meli Astriani, M.Si. |
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Modul elektronik, Al-Qur’an, Project-Based Learning, hasil belajar, sikap spiritual, Ekosistem. |
| Subjects: | Biologi |
| Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi (S2) |
| Depositing User: | Mahasiswa Program Pascasarjana |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 06:51 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 06:51 |
| URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/34184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
