MUHAMMAD MUKHTARUL MUKHLISIN, NIM. 95223022 (2025) PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN SIFAT EFIKASI DIRI SANTRI DALAM MENCEGAH BULLYING (Studi Kasus di Pondok Pesantren Assalam Al Islami). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
95223022_BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
95223022_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
95223022_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
95223022_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
95223022_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
95223022_BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
95223022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
95223022_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
95223022_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklim sekolah dan sifat efikasi diri santri dalam mencegah perilaku bullying di Pondok Pesantren Assalam Al Islami. Iklim sekolah sebagai faktor eksternal dan efikasi diri sebagai faktor internal memiliki peran penting dalam membentuk sikap dan perilaku santri terhadap bullying. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional, melibatkan 200 santri sebagai sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim sekolah berkontribusi sebesar 5,43% terhadap perilaku bullying santri di lingkungan Pesantren. Maka iklim atau lingkungan sekolah yang positif berkontribusi signifikan dalam menurunkan angka bullying. Selain itu, sifat efikasi diri santri berkontribusi sebesar 35,4% terhadap perilaku bullying. Maka santri dengan efikasi diri yang tinggi lebih mampu menghadapi tekanan sosial dan lebih cenderung menolak terlibat dalam perilaku bullying, baik sebagai pelaku maupun korban. Analisis regresi menunjukkan bahwa iklim sekolah dan efikasi diri secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pencegahan bullying. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya menciptakan lingkungan pesantren yang mendukung dan memperkuat efikasi diri santri guna mencegah perilaku bullying. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi lembaga pendidikan, khususnya pesantren, dalam merancang strategi pencegahan bullying yang lebih efektif
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Suroso PR, S.Ag., M.Pd.I. Pembimbing II: Dr. Sayid Habiburrahman, M.Pd.I. |
| Uncontrolled Keywords: | Iklim sekolah, Efikasi diri, Bullying, Pesantren, Perilaku siswa |
| Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
| Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
| Depositing User: | Mahasiswa Program Pascasarjana |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 02:48 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 02:48 |
| URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/34132 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
