PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN SIFAT EFIKASI DIRI SANTRI DALAM MENCEGAH BULLYING (Studi Kasus di Pondok Pesantren Assalam Al Islami)

MUHAMMAD MUKHTARUL MUKHLISIN, NIM. 95223022 (2025) PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN SIFAT EFIKASI DIRI SANTRI DALAM MENCEGAH BULLYING (Studi Kasus di Pondok Pesantren Assalam Al Islami). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
95223022_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
95223022_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
95223022_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
95223022_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
95223022_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
95223022_BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
95223022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
95223022_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
95223022_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklim sekolah dan sifat efikasi diri santri dalam mencegah perilaku bullying di Pondok Pesantren Assalam Al Islami. Iklim sekolah sebagai faktor eksternal dan efikasi diri sebagai faktor internal memiliki peran penting dalam membentuk sikap dan perilaku santri terhadap bullying. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional, melibatkan 200 santri sebagai sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim sekolah berkontribusi sebesar 5,43% terhadap perilaku bullying santri di lingkungan Pesantren. Maka iklim atau lingkungan sekolah yang positif berkontribusi signifikan dalam menurunkan angka bullying. Selain itu, sifat efikasi diri santri berkontribusi sebesar 35,4% terhadap perilaku bullying. Maka santri dengan efikasi diri yang tinggi lebih mampu menghadapi tekanan sosial dan lebih cenderung menolak terlibat dalam perilaku bullying, baik sebagai pelaku maupun korban. Analisis regresi menunjukkan bahwa iklim sekolah dan efikasi diri secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pencegahan bullying. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya menciptakan lingkungan pesantren yang mendukung dan memperkuat efikasi diri santri guna mencegah perilaku bullying. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi lembaga pendidikan, khususnya pesantren, dalam merancang strategi pencegahan bullying yang lebih efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Suroso PR, S.Ag., M.Pd.I. Pembimbing II: Dr. Sayid Habiburrahman, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Iklim sekolah, Efikasi diri, Bullying, Pesantren, Perilaku siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 12 Nov 2025 02:48
Last Modified: 12 Nov 2025 02:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/34132

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.