Muhammad Julian, NIM. 93221008 (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM IPA BERBASIS MODEL THINK PAIR SHARE MATERI STRUKTUR TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN AKTIVITAS BELAJAR FASE D. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
93221008_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
93221008_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
93221008_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (789kB) |
||
|
Text
93221008_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (763kB) |
||
|
Text
93221008_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
||
|
Text
93221008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
||
|
Text
93221008_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
||
|
Text
93221008_COVER_SAMPAI _LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Praktikum IPA berbasis model Think Pair Share (TPS) pada materi struktur tumbuhan guna meningkatkan keterampilan proses sains dan aktivitas belajar peserta didik SMP. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan proses sains di SMP Negeri 13 Palembang serta bahan ajar yang masih bersifat konvensional dan belum berbasis model pembelajaran inovatif. Metode penelitian menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang. Data diperoleh melalui angket kebutuhan, uji validitas, reliabilitas, serta uji efektivitas dengan analisis uji normalitas, homogenitas, Wilcoxon, Mann Whitney, dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan: (1) produk yang dikembangkan valid dengan penilaian ahli bahasa (75%, baik), perangkat pembelajaran (79%, baik), materi (85%, sangat baik), dan media (81%, sangat baik); (2) soal keterampilan berpikir kritis valid dengan reliabilitas 0,884 (sangat baik); (3) kepraktisan tinggi, dinilai guru sebesar 88% (praktis) dan keterbacaan peserta didik 82% (sangat baik); (4) uji efektivitas menunjukkan adanya perbedaan signifikan hasil belajar antara kelas kontrol dan eksperimen, dengan nilai N-gain kelas kontrol 0,61 (sedang) dan kelas eksperimen 0,74 (tinggi). Dengan demikian, Lembar Kerja Praktikum IPA berbasis TPS pada materi struktur tumbuhan layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan aktivitas belajar peserta didik SMP. Kata Kunci: keterampilan proses sains, aktivitas belajar, lembar kerja praktikum IPA, struktur tumbuhan, Think Pair Share.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing: (I) Dr. Astrid Sri Wahyuni Sumah, M.Si. (II) Dr. Wulandari Saputri, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: keterampilan proses sains, aktivitas belajar, lembar kerja praktikum IPA, struktur tumbuhan, Think Pair Share. |
| Subjects: | Biologi |
| Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi (S2) |
| Depositing User: | Mahasiswa Program Pascasarjana |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 07:09 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 07:09 |
| URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/34098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
