UJI EMPIRIS SOAL KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOLOGI KELAS X DI SMAN 1 RAMBANG DANGKU

CANTHA CLAUDHYA RESEDY DESRA, NIM. 93221006 (2025) UJI EMPIRIS SOAL KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOLOGI KELAS X DI SMAN 1 RAMBANG DANGKU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
93221006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
93221006_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
93221006_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
93221006_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
93221006_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
93221006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
93221006_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
93221006_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Asesmen atau soal yang baik harus memenuhi beberapa kriteria agar efektif dalam mengukur pemahaman dan kemampuan peserta didik. Kriteria tersebut meliputi kesesuaian dengan tujuan pembelajaran, kejelasan rumusan soal, pilihan jawaban yang homogen, serta menghindari petunjuk jawaban yang mengarah. Selain itu, Asesmen yang baik adalah asesmen yang dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable). Soal yang baik juga harus memperhatikan bahasa yang digunakan, menghindari pernyataan negatif ganda, dan memiliki panjang rumusan pilihan jawaban yang relatif sama. Sehingga asesmen yang dibuat dapat dijadikan sebagai alat evaluasi dan dapat dijadikan bahan refleksi guru dalam mengembangkan dan menyelenggarakan program dan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Rambang Dangku. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 161 peserta didik kelas X. Evaluasi dalam penelitian ini dilakukan menggunakan instrumen 50 butir soal pilihan ganda Biologi materi ruang lingkup biologi, keanekaragaman hayati, virus, bakteri, dan protista. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal mata pelajaran Biologi SMA kelas X dengan menggunakan RASCH model. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 50 butir soal, sejumlah 42 item termasuk kategori valid dengan persentase 84 %, sedangkan 8 item lainnya invalid. Nilai Alpha Cronbach berdasarkan hasil analisis adalah 0,95 dengan kategori baik sekali. Rentang Measure adalah dari -3.51 (1, paling mudah) hingga 3.26 (13, paling sulit), menurut model Rasch terdapat 21 soal sangat mudah, mudah 9 soal, sedang 6 soal serta sulit 14 soal. Daya beda soal sudah cukup baik dengan persentase 58% serta sudah berfungsinya pengecoh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Sri Wardhani, M.Si 2. Prof. Dr. Indawan Syahri., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: uji empiris, soal, rasch model, keterampilan proses sains (kps)
Subjects: Biologi
Dokumen FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 03 Nov 2025 06:04
Last Modified: 03 Nov 2025 06:04
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/34078

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.