Diah Ayu Alca Pratama, 622021073 (2025) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS NURUL ISLAM DESA ALAI KECAMATAN LEMBAK KABUPATEN MUARA ENIM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622021073_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
622021073_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
||
|
Text
622021073_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
|
Text
622021073_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (660kB) |
||
|
Text
622021073_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
|
Text
622021073_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
|
Text
622021073_LAMPIRAN..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
622021073_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana pemanfaatan media internet , Hasil belajar siswa kelas VII Serta pengaruh pemanfaatan media internet terhadap hasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah akhlak Di MTs Nurul Islam Desa Alai Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan Sampel penelitian terdiri dari 36 siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana untuk mengetahui hubungan antara variabel independen (pemanfaatan media internet) dan variabel dependen (hasil belajar siswa). Hasil penelitian menunjukkan : 1. Pemanfaatan Media Internet oleh Siswa kelas VII nilai angket yang dibagikan kepada 36 siswa kelas VII, diketahui bahwa sebagian besar siswa telah memanfaatkan media internet dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada kategori cukup hingga baik. Namun, pemanfaatan ini belum maksimal dan cenderung digunakan untuk keperluan umum dari pada pembelajaran secara langsung. 2. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah akhlak nilai posttest, hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata nilai sebesar 53,08. Sebagian besar siswa berada pada kategori cukup hingga baik sekali, meskipun masih terdapat siswa dengan hasil belajar rendah. 3. Hasil Penelitian Menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan media internet terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji regresi yang menunjukkan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 serta koefisien regresi yang bernilai negatif. Selain itu, koefisien determinasi hanya sebesar 2,56%, yang berarti bahwa pemanfaatan media internet memberikan kontribusi yang sangat kecil terhadap hasil belajar siswa. Faktor lain seperti motivasi belajar, bimbingan guru, dan kondisi lingkungan belajar kemungkinan lebih berpengaruh. meskipun media internet memiliki potensi sebagai alat bantu pembelajaran, pemanfaatannya oleh siswa di MTs Nurul Islam belum optimal karena belum mampu meningkatkan hasil belajar secara signifikan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | pembimbing 1:Sri Yanti. S.Pd.,M.pd pembimbing 2: M.Jauhari. S.E.,M.SI |
| Uncontrolled Keywords: | Media Internet Hasil Belajar, Aqidah Akhlak |
| Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 06:58 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 06:58 |
| URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/34062 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
