Mutiara Oktariani, NIM. 632021011 (2025) Implementasi Program Pembinaan Narapidana Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
632021011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
632021011_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
||
|
Text
632021011_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
|
Text
632021011_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
||
|
Text
632021011_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
|
Text
632021011_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
|
Text
632021011_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
632021011_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh semakin maraknya tindak kejahatan yang melibatkan anak-anak, yang tidak hanya menimbulkan keresahan di masyarakat tetapi juga menjadi tanggung jawab besar bagi pemerintah dalam mencari solusi yang tepat. Upaya penanganan tidak dapat hanya difokuskan pada aspek pemberian hukuman, karena hal tersebut belum tentu mampu memperbaiki perilaku anak secara menyeluruh, sehingga diperlukan pendekatan lain berupa pembinaan. Pembinaan dipahami sebagai serangkaian proses, aturan, usaha, dan kegiatan yang dilakukan secara terarah untuk membawa perubahan positif pada diri anak. Dalam hal ini, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) diberikan wewenang untuk merancang dan melaksanakan berbagai program pembinaan yang dapat disesuaikan dengan kondisi, kebutuhan, serta minat anak binaan agar tujuan pembinaan tercapai secara lebih efektif. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ungkapan, bahasa, dan istilah yang dipakai. Jenis data yang digunakan ialah secara langsung yang berupa informasi atau penjelasan melalui 3 tahapan yaitu : Observasi, Wawancara, dan Studi Pustaka. Fenomena meningkatnya tindak kejahatan yang dilakukan oleh anak-anak menjadi tantangan serius bagi pemerintah Indonesia. Upaya pencegahan dan penanggulangan permasalahan ini tidak hanya dilakukan melalui pemberian hukuman, tetapi juga dengan memberikan pembinaan. Pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) dipandang sebagai langkah sistematis untuk membentuk kepribadian anak agar lebih baik. Dalam pelaksanaannya, LPKA memiliki keleluasaan untuk menyusun dan melaksanakan berbagai program pembinaan yang disesuaikan dengan kebutuhan serta minat anak binaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa program pembinaan narapidana anak di LPKA Kelas I Palembang telah berjalan sesuai ketentuan meskipun belum optimal, dengan dukungan pihak ketiga, staf LPKA, dan semangat anak binaan sebagai faktor pendukung, sedangkan hambatan yang dihadapi berupa keterbatasan sarana prasarana, anggaran, serta tenaga pengajar diatasi melalui koordinasi dengan stakeholder dan pihak ketiga, penyusunan jadwal pengajar, serta kerja sama dengan donatur.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr. Saipuddin Zahri, S.H., M.H Pembimbing : 2. Dr. Drs. Antoni, M.H.I |
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Program Pembinaan, Narapidana Anak |
| Subjects: | Ilmu Hukum > Hukum Pidana |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > Hukum Islam (S1) |
| Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 04:18 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 04:18 |
| URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/34053 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
