Feby Anggraini Putri, 212022278P (2025) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR LISTRIK DENGAN PERSEPSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA WARGA KELURAHAN KEBUN BUNGA DI KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.
|
Text
212022278P_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
212022278P_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
|
Text
212022278P_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
||
|
Text
212022278P_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
||
|
Text
212022278P_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
Text
212022278P_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
212022278P_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
Text
212022278P_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Perkembangan industri otomotif yang pesat mendorong hadirnya motor listrik sebagai alternatif transportasi ramah lingkungan, namun adopsinya di masyarakat masih terkendala oleh infrastruktur, harga, kualitas produk, serta persepsi konsumen yang belum sepenuhnya positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian motor listrik dengan persepsi sebagai variabel intervening pada warga Kelurahan Kebun Bunga di Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Sampel penelitian sebanyak 86 responden diperoleh dengan teknik probability sampling jenis cluster sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi dengan nilai thitung 16,053 > ttabel 1,663 (sig. 0,000), bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 4,380 > ttabel 1,663 (sig. 0,000), serta persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara langsung dengan nilai thitung 4,699 > ttabel 1,663 (sig. 0,000) maupun tidak langsung melalui persepsi. Nilai koefisien determinasi (R²) sub 1 sebesar 0,754 bauran pemasaran memberikan kontribusi naik turun nya persepsi sebesar 75,4% sedangkan sub 1 sebesar 0,786 menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran dan persepsi mampu menjelaskan variasi keputusan pembelian sebesar 78,6%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan kualitas produk, penetapan harga yang tepat, dan promosi yang efektif dapat memperbaiki persepsi masyarakat serta mendorong peningkatan keputusan pembelian motor listrik.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen Pembimbing : 1. Dr. Diah Isnaini Asiati, S.E.,M.M 2. Dr. Maidiana Astuti H S.E.,M.Si. |
| Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Bauran Pemasaran, Persepsi, Keputusan Pembelian. |
| Subjects: | Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen (S1) |
| Depositing User: | mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 04:55 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 04:55 |
| URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33899 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
