PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR LISTRIK DENGAN PERSEPSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA WARGA KELURAHAN KEBUN BUNGA DI KOTA PALEMBANG

Feby Anggraini Putri, 212022278P (2025) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR LISTRIK DENGAN PERSEPSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA WARGA KELURAHAN KEBUN BUNGA DI KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
212022278P_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
212022278P_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
212022278P_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
212022278P_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
212022278P_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
212022278P_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
212022278P_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
212022278P_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan industri otomotif yang pesat mendorong hadirnya motor listrik sebagai alternatif transportasi ramah lingkungan, namun adopsinya di masyarakat masih terkendala oleh infrastruktur, harga, kualitas produk, serta persepsi konsumen yang belum sepenuhnya positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian motor listrik dengan persepsi sebagai variabel intervening pada warga Kelurahan Kebun Bunga di Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Sampel penelitian sebanyak 86 responden diperoleh dengan teknik probability sampling jenis cluster sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi dengan nilai thitung 16,053 > ttabel 1,663 (sig. 0,000), bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 4,380 > ttabel 1,663 (sig. 0,000), serta persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara langsung dengan nilai thitung 4,699 > ttabel 1,663 (sig. 0,000) maupun tidak langsung melalui persepsi. Nilai koefisien determinasi (R²) sub 1 sebesar 0,754 bauran pemasaran memberikan kontribusi naik turun nya persepsi sebesar 75,4% sedangkan sub 1 sebesar 0,786 menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran dan persepsi mampu menjelaskan variasi keputusan pembelian sebesar 78,6%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan kualitas produk, penetapan harga yang tepat, dan promosi yang efektif dapat memperbaiki persepsi masyarakat serta mendorong peningkatan keputusan pembelian motor listrik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Diah Isnaini Asiati, S.E.,M.M 2. Dr. Maidiana Astuti H S.E.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bauran Pemasaran, Persepsi, Keputusan Pembelian.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen (S1)
Depositing User: mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis
Date Deposited: 21 Oct 2025 04:55
Last Modified: 21 Oct 2025 04:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33899

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.