Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Studi Kasus Toko Murah Meriah Simpang Kades Km.11 Kota Palembang)

Erna Parida, 642021022 (2025) Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Studi Kasus Toko Murah Meriah Simpang Kades Km.11 Kota Palembang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
642021022_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (799kB) | Preview
[img] Text
642021022_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
642021022_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
642021022_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
642021022_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
642021_DAFTAR PUSTAKA 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
642021022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
642021022_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ERNA PARIDA. 642021022. Skripsi dengan judul “STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS TOKO MURAH MERIAH SIMPANG KADES KM.11 KOTA PALEMBANG)”. Permasalahan yang menjadi kajian dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: Bagaimana strategi pemasaran produk yang di terapkan oleh Toko Murah Meriah Simpang Kades KM 11 Kota Palembang, Apa faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pemasaran yang diterapkan oleh Toko Murah Meriah Simpang Kades KM 11 Kota Palembang dan Bagaimana dampak strategi pemasaran pada toko Murah Meriah di Simpang Kades KM 11 Kota Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang di terapkan oleh toko Murah Meriah di Simpang Kades Km 11 Kota Palembang, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan di toko Murah Meriah di Simpang Kades KM 11 Kota Palembang dan untuk mengetahui dampak strategi pemasaran pada toko Murah Meriah di Simpang Kades KM 11 Kota Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai suatu hal menurut pandangan yang akan diteliti secara jelas dan tegas. Adapun data responden yang di wawancarai yaitu pemilik, teknik pengumpulan data dalam skripsi ini yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa strategi pemasaran yang di terapkan oleh Toko Murah Meriah yaitu promosi digital melalui Facebook dan Instgram, promosi dari mulut ke mulut, pemberian diskon, serta penjualan langsung dan demonstrasi produk. Toko Murah Meriah didukung oleh faktor-faktor yaitu harga kompetitif, lokasi yang strategis, kedekatan dengan komunitas lokal, dan promosi dari mulut ke mulut. Namun, terdapat beberapa hambatan yang dihadapi toko, seperti persaingan dengan minimarket modern, keterbatsan modal, kurangnya pemanfaatan digitalisasi, tata letak toko yang masih sederhana, serta ketergantungan kepada konsumen tetap. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh Toko Murah Meriah terbukti memberikan dampak positif terhadap peningkatan volume penjualan, loyalitas pelanggan, dan perputaran produk yang lebih cepat. Dengan memanfaatkan harga kompetitif, promosi langsung, serta pendekatan personal kepada pelanggan, toko berhasil meningkatkan penjualan produk, khususnya hijab, secara signifikan dalam tiga bulan terakhir. Namun demikian, strategi tersebut juga menimbulkan dampak negatif seperti fokus pada harga murah menyebabkan margin keuntungan per produk menjadi tipis, yang dapat menghambat pertumbuhan usaha dalam jangka panjang, ketergantungan pada metode penjualan konvensional dan promosi diskon membuat toko rentan terhadap persaingan, terutama jika tidak segera beradaptasi dengan tren digitalisasi dan platform online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1 : Hendri Nur Alam, SE.,M.Si pembimbing 2 : Rijalush Shalihin S.E.I.,M.H.I
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Penjualan, Ekonomi Islam
Subjects: Ekonomi Syariah > Bank Syariah
Ekonomi Islam
Ekonomi Syariah
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 18 Oct 2025 03:35
Last Modified: 18 Oct 2025 03:35
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33869

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.