SURADI, NIM 95223026 (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI IBADAH SALAT SANTRI (Studi Kasus Pada Santri Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Assalam). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
95223026_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
95223026_BAB 2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
|
![]() |
Text
95223026_BAB 3.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
![]() |
Text
95223026_BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
![]() |
Text
95223026_BAB 5.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
|
![]() |
Text
95223026_BAB 6.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
![]() |
Text
95223026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN SURADI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
![]() |
Text
95223026_BAB LENGKAP.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tesis yang berjudul “Implementasi Pembelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Motivasi Ibadah Shalat Santri (Studi Kasus Santri Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Assalam)” ini dilatar belakangi oleh fakta dan fenomena bahwa pengamatan peneliti bahwa, masih ada beberapa santri yang melaksanakan aktifitas salat belum sesuai dengan tuntunan salat yang benar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif análisis. Menurut pendekatannya penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan Fenomenologis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama Implementasi pembelajaran fiqih di MTs Pondok Pesantren Assalam Muba memuat materi tentang salat fardhu dalam kurikulumnya, bahan pembelajaran menggunakan internet dan acuan kurikulum dari Kementerian Agama, serta metode pembelajaran menggunakan metode ceramah, metode praktik/ demonstrasi dan metode nasihat. Kedua, Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan dalam upaya meningkatkan motivasi ketaatan beribadah santri MTs Ponpes Assalam yaitu; dengan keteladanan, dengan pembiasaan, dengan kedisiplinan, dengan motivasi, dan dengan hukuman. Ketiga, Faktor penyebab terjadinya problematika pembelajaran Fiqih yang membuat proses pembelajaran kurang menyenangkan dan hasil belajar santri kurang maksimal, disebabkan oleh faktor intern (faktor dari dalam) antara lain: yaitu santri yang kurang termotivasi dalam pembelajaran dan faktor ekstern yaitu masih ada guru yang menggunakan metode ceramah setiap kali mengajar dan kurang memanfaatkan media pembelajaran dan metode lainnya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1: Dr. Sayid Habiburrahman, M.Pd.I. Pembimbing 2: Dr. Hamidah, M.Hum. |
Uncontrolled Keywords: | Pondok Pesantren, Implementasi Pembelajaran Fiqih, Ibadah Salat |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | Mahasiswa Program Pascasarjana |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 00:56 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 00:56 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33769 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |