ASFIA NAFIANTI, NIM. 622021004 (2025) PENGARUH PEMIKIRAN KYAI HAJI AHMAD DAHLAN TERHADAP PEMBENTUKAN NILAI-NILAI ETIKA ISLAM DI SEKOLAH SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622021004_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text
622021004_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
|
![]() |
Text
622021004_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
|
![]() |
Text
622021004_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) |
|
![]() |
Text
622021004_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
![]() |
Text
622021004_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
![]() |
Text
622021004_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
![]() |
Text
622021004_Cover_Sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan rumusan masalah : Bagaimana Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Mengenai Nilai-Nilai Etika Islam di SMA Muhammadiyah 1 Palembang ? Bagaimana Pembentukan Nilai-Nilai Etika Islam terhadap siswa SMA Muhammadiyah 1 Palembang ? Apakah Pemikiran KH.Ahmad Dahlan berpengaruh terhadap Nilai-Nilai Etika Islam di Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Palembang ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemikiran KH. Ahmad Dahlan terhadap pembentukan nilai-nilai etika Islam pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). KH. Ahmad Dahlan, sebagai pendiri Muhammadiyah, memiliki pemikiran yang mendalam dalam integrasi nilai- nilai Islam dengan pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman etika Islam dalam dunia pendidikan modern, yang semakin menghadapi tantangan nilainilai global yang bersifat sekuler. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang dikumpulkan melalui metode kuesioner (angket), wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik analisis deskriptif dan inferensial dengan bantuan SPSS versi 26 untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari kecerdasan emosional guru terhadap perilaku siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran KH. Ahmad Dahlan, khusus terkait pembaruan pendidikan Islam, penekanan pada amal saleh, dan keteladanan akhlak, memiliki pengaruh signifikan terhadap pembentukan etika keislaman siswa. Nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, dan kepedulian sosial tumbuh seiring dengan pengenalan dan internalisasi ajaran beliau di lingkungan sekolah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemikiran KH. Ahmad Dahlan berperan penting dalam membentuk karakter siswa yang berlandaskan etika Islam. Kata Kunci : KH. Ahmad Dahlan, Etika Islam, pendidikan, siswa SMA 1 Muhammadiyah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Ani Aryati, M. Pd.I 2. Dr. Antoni, M. H. I |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : KH. Ahmad Dahlan, Etika Islam, pendidikan, siswa SMA 1 Muhammadiyah. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 01:26 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 01:26 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33691 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |